Wujudkan Pemilu Demokratis Berkualitas dan Akurat, Bawaslu NTB Gelar Sosialisasi

0

kabarlombok.com – Lombok Timur
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB, sabtu pagi (13/5) menggelar sosialisasi gerakan masyarakat pemuda dan partai politik (Gempur) dan Panwaslu awas pemilu dengan tema “membangun komitmen bersama menuju demokrasi yang berkualitas dan akurat”.

Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan masyarakat, unsur pemuda, dan beberapa perwakilan pengurus partai politik di Lombok Timur, yang diselenggarakan di Selong.

Komisioner Bawaslu provinsi NTB Ir. H Syamsuddin selaku narasumber pada acara tersebut mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi sorotan Bawaslu pada gelaran pilkada serentak 2018 mendatang adalah bagaimana memperkuat tugas saksi pada proses pencoblosan dan pemungutan suara mulai dari tingkat TPS, rekapitulasi suara di tingkat Desa/Kelurahan (PPS), tingkat Kecermatan (PPK), hingga Kabupaten dan Provinsi.

Ia juga meminta kepada saksi-saksi yang ada di masing-masing TPS untuk mencermati nama-nama DPT, selain itu petugas KPPS juga wajib menyerahkan berkas DPT kepada saksi.

Bawaslu juga nantinya akan merekrut pengawas yang akan ditugaskan mengawasi di masing-masing TPS, hal ini ditujukan agar proses pencoblosan dan pemungutan suara berjalan lancar.

“Minimal nanti 1 TPS 1 Pengawas” ungkapnya.

Selain itu, kata Syamsuddin, terkait beberapa persoalan yang terjadi di lapangan termasuk mengenai pemasangan baliho dan alat peraga kampanye lainnya, saat ini pihak Bawaslu mengaku belum bisa merespon hal tersebut, disebabkan belum masuknya pelaksanaan tahapan Pilkada.

“Karena tahapannya belum dimulai, para bakal calon ini juga belum ditetapkan menjadi calon jadi sekarang ini masih menjadi ranah pemerintah setempat” tambahnya.

Bawaslu juga mewanti-wanti keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak ikut terlibat secara langsung dalam mendukung salah satu calon, nantinya siapapun ASN terbukti melakukan pelanggaran, Bawaslu tidak akan segan-segan menindak oknum tersebut.

Pihaknya pun berharap peran serta masyarakat dalam suksesi Pilkada serentak 2018 mendatang. ia juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan jika menemukan adanya pelanggaran yang terjadi disekitarnya.

“Kita tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada peran serta dari masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis, jujur, dan berkualitas” pungkasnya.

LEAVE A REPLY