Peringati Hari Listrik Nasional, PLN Wilayah NTB Hadirkan SPLU Mobile

0
Foto : dok. Tribun

Kabarlombok.com – Mataram. Dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-72, PLN Wilayah NTB kembali memperkenalkan karya inovasinya yaitu SPLU Mobile, yang menggunakan teknologi telepon pintar berbasis android.

Menurut General Manajer PLN Wilayah NTB, Muhtar, masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi SPLU Mobile telepon pintar berbasis androidnya melalui Play Store. Kemudian, dalam penggunaannya, selain bisa menggunakan pulsa (stroom) kWh meter melalui fasilitas perbankan (Mobile banking dan SMS banking), juga bisa menggunakan pulsa telepon seluler yang dikonversikan menjadi kWh.

“Inovasi ini harapannya dapat memudahkan masyarakat dalam menggunakan SPLU, jadi mau menggunakan model SPLU Beji Lintar atau menggunakan SPLU Mobile, keduanya ada.” ujar Mukhtar.

SPLU Beji Lintar yang sebelumnya telah terpasang mengadopsi sistem prabayar. Untuk menggunakannya, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan atau nomor kWh Meter yang tercantum di SPLU yang akan digunakan.

Saat ini PLN sudah menyediakan sedikitnya 875 SPLU yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia. SPLU yang dikembangkan PLN sejak 2015 ini, antara lain dapat dijumpai di Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali, Makassar, Mataram dan masih banyak lagi. (ko)

LEAVE A REPLY