Universitas Hamzanwadi Gelar Seminar Internasional

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Universitas Hamzanwadi (Unhaz) Kamis (14/9) menggelar pembukaan Seminar Internasional Lession Study ke-8, seminar ini dihadiri oleh keynote speaker mancanegara yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Panitia Seminar Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam keterangan tertulisnya menyebut Universitas Hamzanwadi telah menerapkan program Lesson Study selama 5 tahun sejak 2012. Tiga tahun pertama, implementasi Lesson Study didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi. Kemudian, tahun-tahun berikutnya, hal itu dilakukan secara mandiri dengan dana sendiri.

Secara kualitatif lanjut Rohmi yang juga Rektor Unhaz, Lesson Study berjalan dengan baik tanpa masalah dalam proses implementasi. Ada beberapa indikator yang dapat menjelaskannya, yang pertama, bahwa semua dosen dan guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir terbuka mereka untuk menerima dan berbagi masalah selama pengajaran dan kerja kolaboratif untuk menemukan pengajaran alternatif yang dikembangkan.

Yang kedua, motivasi siswa yang meningkat untuk berbagi pengetahuan dan gagasan mereka tentang apa yang telah mereka pelajari kepada guru dan teman sekelas mereka di dalam kelompok. Ketiga, Pemikiran kreatif siswa sangat ditingkatkan untuk membangun pengetahuan dan pemahaman baru melalui proses belajar yang dikembangkan.

Sedangkan indikator keempat, para guru telah menunjukkan inisiatif dan pengajaran kreatif dalam menemukan pengajaran alternatif baru.

“Di balik keberhasilan pelaksanaan Lesson Study di Universitas Hamzanwadi, empat dari dosen kami telah dipilih untuk mengikuti program pelatihan Short Term on Lesson Study (STOLS) di Jepang sejak tahun 2015, 2016, dan 2017” kata Rohmi yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur ini.

Lebih jauh ia memaparkan, seminar internasional kali ini terdiri dari beberapa acara. Pertama adalah Pertemuan ALSI, sebuah pertemuan dengan Indonesian Lesson Study Association; kedua adalah Seminar Internasional; Ketiga adalah workshop untuk kepala sekolah; Keempat adalah program Visit Sekolah.

“kami mengundang semua pembicara, presenter dan peserta untuk terlibat dalam sekolah mitra kami, yaitu MI Hamzanwadi Pancor, MTs Mu’allimat NW Pancor dan Mts. Mu’allimin NW Pancor. Kami sangat senang bahwa salah satu guru model kami dari MI Hamzanwadi Pancor telah ditunjuk oleh Presiden ALSI untuk menjadi presenter dalam Seminar Internasional ini untuk berbagi pengalamannya” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Panitia mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, termasuk juga kepada semua pembicara utama dan pembicara dan ICLS yang membagikan ide dan pengalaman berharga melalui acara tersebut.

“Terima kasih dan apresiasi kepada semua presenter yang berkomitmen untuk berpartisipasi dalam konferensi ini” tandasnya.

Selain itu, Panitia berharap Lesson Study ini dapat menghasilkan perubahan positif untuk mempromosikan pengajaran yang efektif dan kolaboratif bagi Universitas Hamzanwadi dan Indonesia.

LEAVE A REPLY