Universitas Hamzanwadi Bersama PEKA Malaysia, ABKIN dan IKI Gelar Simposium Antar Bangsa

0

Pancor, – Simposium yang berlangsung sejak Tanggal 24 hingga 26 Maret ini dibuka oleh Wakil Gubernur NTB Dr Hj. Siti Rohmi Djalilah.

Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan yakin pasti akan banyak manfaat untuk NTB terutama bagi wilayah yang terkena dampak bencana.

“Terima kasih atas partisipasi para narasumber yg menyempatkan diri berbagi ilmu yg semata-mata untuk kepentingan umat khususnya NTB,” ungkapnya di YPH PPD NW Pancor.

Untuk diketahui pihak yang cukup intens mendampingi korban gempa hingga saat ini adalah PEKA (Persatuan Kaunselor Pendidikan) dari Malaysia, dengan memberi bantuan berupa materi dan bantuan terapi psikologis.

Adapun pihak selanjutnya adalah ABKIN (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) melalui kerjasama dari pengurus di tingkat pusat dengan pengurus ABKIN yang ada di daerah. Dalam hal ini diketuai oleh Musifuddin selaku wakil rektor 3 dan dosen BK di Universitas Hamzanwadi.

Sementara itu mewakili pihak Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Khalqi mengapresiasi keberadaan IKI (Ikatan Konselor Indonesia) yaitu Doktor Ifdil dan rekan-rekannya di UNP (Universitas Negeri Padang) dan di Universitas lain yang tergabung di dalamnya, yang telah berkali-kali memberikan kunjungan serta bantuan materi serta trauma psikologis yang sangat berarti bagi korban gempa di Lombok.

Melalui Simposium ini, diharapkan kerjasama yang baik bisa terus dilanjutkan untuk keberlangsungan masyarakat Lombok pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Termasuk kepada seluruh guru-guru yang mengabdikan diri untuk memajukan generasi yang hadir dalam forum ini.

“Bahwa peran bapak ibu guru dalam mendampingi trauma peserta didik di sekolah, merupakan tugas yang berlangsung terus menerus. Dan memerlukan keahlian khusus, dengan berbagai pendekatan terapi,” pungkas Khalqi.(red)

LEAVE A REPLY