Univ. Hamzanwadi bersama Tim Univ. GUNADARMA Gelar Pelatihan Trauma Healing bagi Relawan

0

Kabarlombok.com – Lombok Timur

Pemulihan mental pasca musibah gempa memiliki urgensi mendesak. Selain pembangunan kembali bangunan yang rusak akibat gempa, pemulihan trauma atau bahasa kerennya traumatic healing tidak kalah pentingnya terutama bagi anak-anak bahkan para remaja. Hal ini bertujuan memulihkan kembali rasa trauma, rasa takut kembali menjadi rasa senang dalam beraktifitas terutama dalam menuntut ilmu.

Sebagai salah satu Lembaga yang ikut dalam penanganan gempa, Sinar 5 Care dibawah naungan Universitas Hamzanwadi terus berbuat. Selain mendirikan sekolah darurat dibanyak titik wilayah terdampak gempa dan mengirim mahasiswa tingkat akhirnya sebagai tenaga guru relawan, bersama Berugak Lombok, Universitas Hamzanwadi, dan Mata Garuda NTB, Sinar 5 Care melaksanakan pelatihan trauma healing bagi para relawan yang bertugas di titik-titik terdampak gempa yang dilaksanakan di Gedung Birrul Walidain Pancor pada Senin (27/08).

Hadir sebagai narasumber Dr. Hendro Prabowo dan Tim dari Universitas Gunadarma.

“Pelatihan ini untuk memberikan bekal ilmu kepada relawan kami, khususnya ilmu trauma healing,” kata Dr. M. Halqi selaku direktur Sinar 5 Care saat membuka pelatihan tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Halqi sangat mengapresiasi kerjasama itu. Bahkan Ia meyakini rasa peduli itu mampu menghilangkan jarak antar generasi maupun wilayah.

Lebih lanjut Direktur Kerjasama Universitas Hamzanwadi ini mengklaim kehadiran Tim dari Universitas Gunadarma sebagai bukti bahwa persaudaraan itu lebih penting dari segalanya.

“Kepedulian tak memandang batas wilayah. Tak lupa saya sampaikan terimakasih buat para relawan yang sudah mau terlibat dalam misi kemanusiaan ini, Hanya Allah SWT yang bisa membalas kebaikan sahabat semua. Semoga bermanfaat,” imbuhnya.

Sementara itu Dr. Hendro Prabowo memberikan materi serta praktik yang bertujuan menenangkan kembali mental korban dipengungsian nantinya dengan beberapa trik dan permainan seperti olah pernapasan dan senam peregangan otot yang mampu memulihkan fikiran dan rasa takut.

 Sebelum menutup pelatihan, Tim membagikan DVD untuk panduan traumatic healing bagi para relawan yang akan bertugas. (bn)

LEAVE A REPLY