TNI AL Gelar 3rd Multilateral Naval Excercise Komodo (MNEK) 2018 pembukaan oleh KSAL & TGB

0

Kabarlombok.com, LOBAR – TNI AL kembali menggelar 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018, di Lombok 4-9 Mei 2018. Setelah sebelumnya MNEK Pertama di Batam Kepulauan Anambas Natuna 2014, Kedua di Padang serta Kep Mentawai 2016.

 

Pelaksanaan yang mengangkat tema “Cooperation to Respons Disaster and Humanitarian Issues” atau kerjasama dalam Menanggulangi Bencana dan Masalah Kemanusiaan ini diikuti oleh 37 Negara.

Usai membuka acara ini secara resmi Sabtu (05/5) di Pelabuhan Lembar NTB, Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan penting dalam bentuk latihan non-perang dengan mengedepankan kerjasama maritim di kawasan regional, untuk mendapatkan dasar bangunan yang kuat yaitu kepercayaan (trustworthy) antar negara dan antar Angkatan Laut sehingga ungkapnya terjalin kesepahaman dan koordinasi yang baik diantara negara-negara peserta dalam kerjasama melaksanakan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

MNEK 2018 ini juga dirangkai dengan kegiatan lainnya seperti Medical Civil Action Program (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Program (ENCAP) yang dilaksanakan di dua sektor yaitu di Lombok dan Nusa Penida, harbour and sea phase, city parade, maritime Exhibition, culinary, Mataram fun run, city Tour dan Olahraga bersama.

Selain itu akan dilaksanakan juga Maritime Engagement Activity (MEA) yang akan menggelar tiga kegiatan utama yaitu pertama transplantasi terumbu karang, dengan penenggelaman prasasti Komodo Exercise 2018 dan kerangka kapal sebagai transplantasi terumbu karang diperairan Gili Terawangan, kedua kemah pesisir di pantai kerandangan yang diikuti 500 peserta dari siswa pelajar dan pramuka saya. Bahari, dan yang ketiga yaitu joy sailing dengan menggunakan kri Makassar – 590.

Hadir dalam acara ini Gubernur NTB TGB KH. M. Zainul Majdi, Menteri Kominfo Rudiantara, Kepala Staf Angkatan Laut 37 Negara peserta MNEK dan undangan lainnya. Dan dimeriahkan oleh pertunjukan tarian gendang beleq gabungan tiga Angkatan dan Polri, akrobatik pesawat latih TNI Angkatan Laut, terjun payung dan diakhiri dengan inspeksi kapal perang diperairan Lembar. (bn)

LEAVE A REPLY