The Mandalika Sambut Obor Asian Games 2018

0

Kabarlombok.com – The Mandalika

Torch Relay atau obor Asian Games 2018 tiba Rabu (25/7) di KEK Pariwisata Mandalika/ the Mandalika, Lombok, NTB, yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Obor tersebut dibawa ke NTB menggunakan pesawat setelah sebelumnya dilakukan kirab di Bali. Kedatangan api obor Asian Games di the Mandalika, NTB, ini merupakan bagian dari rangkaian Torch Relay yang melewati 44 kota dan 18 provinsi.

“Kami ucapkan selamat datang kepada rombongan Torch Relay Asian Games 2018 di the Mandalika. Merupakan kebanggaan bagi kami bahwa the Mandalika bisa menjadi bagian dari rangkaian Torch Relay menyambut Asian Games 2018 ini. Kegiatan penyambutan obor Asian Games ini merupakan wujud dukungan ITDC sebagai BUMN terhadap pelaksanaan Asian Games dan kami juga melibatkan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kata Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan.

Ngurah menambahkan, kedatangan rombongan obor Asian Games ini akan membantu promosi pariwisata the Mandalika yang merupakan satu dari 10 destinasi baru unggulan di Indonesia. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat makin mengetahui keindahan the Mandalika dan tertarik untuk mengunjungi kawasan the Mandalika. Khususnya dengan telah beroperasinya Kuta Beach Park, yang pada libur Lebaran lalu mencapai lebih dari 50.000 pengunjung.

Penyambutan obor Asian Games 2018 di the Mandalika, NTB, dipusatkan di Kuta Beach Park, dan dilakukan oleh Direktur Operasi dan Konstruksi ITDC Ngurah Wirawan bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah H.M Nursiah. Acara penyambutan ini dimeriahkan oleh tarian tradisional dan mini bazaar dimana mini bazaar tersebut diisi dengan booth yang menjual souvenir khas Lombok, makan dan minuman serta informasi pariwisata. Pagi harinya dilakukan kegiatan beach clean up dan senam di kawasan Kuta Beach Park yang diikuti oleh jajaran SKPD Lombok Tengah, pemilik properti di Kuta Mandalika, pegawai ITDC, kontraktor, wisatawan, dan lebih dari 1.000 siswa sekolah.

Pada sambutannya, Nursiah dan Ngurah menekankan bahwa kunjungan dari adanya api obor ini merupakan momen yang langka yang perlu diapresiasi. Tidak seluruh kabupaten kota dihampiri torch relay, jadi Kabupaten Lombok Tengah ini termasuk beruntung. tutur Nursiah. “Perlu diingat bahwa api obor Asian Games ini terakhir mengunjungi Indonesia 56 tahun yang lalu. Sehingga, kita patut berbangga dengan adanya kehadiran dari api obor di the Mandalika. Kami selaku pengelola berharap agar kawasan ini dalam lima hingga sepuluh tahun kedepan dapat menjadi tempat wisata yang sekaligus bisa menjadi akomodasi olahraga,” lanjut Ngurah.

Dalam kegiatan di the Mandalika tersebut, obor dibawa oleh Permana Sunu selaku penanggungjawab Torch Relay Asian Games dari INASGOC. Rombongan pembawa obor dikawal oleh panitia INASGOC lainya serta TNI dan Polri. Setelah mampir di the Mandalika, rombongan dengan Permana sebagai pembawa obor menuju Mataran dan finish di Kantor Gubernur NTB. (bn)

LEAVE A REPLY