TGB Mengisi Kuliah Umum di Universitas PGRI Yogyakarta

0

kabarlombok.com – Yogyakarta
Tuan Guru Bajang Dr. HM Zainul Majdi mengisi kuliah umum tentang pencapaian dan tantangan kepemimpinan dalam membangun NTB, di Universitas PGRI Yogyakarta, sabtu (13/5).

TGB menyampaikan, pondok pesantren adalah sumber nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan, sehingga bangsa dan negara akan jauh lebih maju jika akses pendidikannya terbuka untuk semua warganya.

Ia menyebutkan, di negara India yang secara lahiriah dilihat dari kacamata kemodernan, india ternyata tak lebih baik dari negara-negara lain, banyak sudut yang memperlihatkan kekumuhan didalamnya, bahkan, kata TGB, kita di Indonesia kerap mentertawakan ketradisionalan mereka.

“Tapi jangan salah, India itu tercatat sebagai negara yang dinamis dan selalu di atas Indonesia” jelas TGB.

Menurutnya, India selama ini cukup konsisten mencatatkan pertumbuhan secara terus-menerus, bahkan negara ini menunjukkan pada dunia bahwa penemuan-penemuan teknologi mikro maupun teknologi nano yang sangat detil itu ada di india.

Selain itu, Gubernur muda NTB ini juga menyampaikan, beberapa momentum pembangunan di NTB saat ini ditunjukkan melalui banyak indikator, antara lain indikator statistik yang mana indikator ini bisa diakses secara luas oleh berbagai pihak, termasuk data tentang kemiskinan, pengangguran, dan yang lainnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, Provinsi NTB saat ini tengah berada pada momen dimana begitu banyak inisiatif yang lahir dari rahim provinsi bergelar bumi gora ini.

“Provinsi NTB adalah provinsi yang pertama kali mendapat predikat halal tourism (wisata halal)” kata TGB yang disambut tepuk tangan meriah peserta kuliah umum.

Menurutnya, dari beberapa pencapaian tersebut, ia menyimpulkan bahwa sejatinya orang NTB harus ditantang dengan tantangan yang luar biasa beratnya, dan dari tantangan itu kemudian akan muncul ide maupun gagasan-gagasan untuk kemajuan daerah itu sendiri.

“Namun, begitu juga sebaliknya ketika diletakkan pada posisi yang melenakan, maka mereka akan hanyut dan terlena” sambungnya.

TGB pun berharap kepada semua mahasiswa maupun mahasiswi NTB yang sedang menimba ilmu di Yogyakarta ini, sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan diharapkan agar nantinya segala potensi dan kemampuan mereka bisa dimanfaatkan untuk kemajuan NTB.

LEAVE A REPLY