TGB Ajak Perbanyak Bersyukur Saat Menjadi Khutbah Shalat Jum’at di Masjid Bantul Yogyakarta

0

kabarlombok.com – Yogyakarta
TGB (Tuan Guru Bajang) mengajak kepada ummat untuk senantiasa memperbanyak syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Ia mengingatkan pentingnya menjiwai nilai-nilai kehidupan yang terletak pada poros keberkahan, poros keberkahan itu sendiri adalah dengan mensyukuri nikmat Allah SWT.

“Kalau meninggalkan tuntunan takwa, tidak sedikitpun menurunkan dan mengurangi kemuliaan Allah. Sebaliknya, kalau menjalankan tuntunan Allah, tidak akan meninggikan kemuliaan Allah,” kata TGB di Masjid Al Firdaus, Bantul, Yogyakarta (12/5) saat menjadi khotib shalat jum’at, seperti dirilis Humas Pemprov NTB.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka silaturahmi dan memberikan tausiyah kepada para santriwan dan santriwati di Ponpok Pesantren Ibnu Abbas, Klaten, Jawa Tengah.

Tuan Guru yang juga Gubernur NTB ini sekaligus mengingatkan bahwa kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan kembali pada diri manusia itu sendiri. Begitu pula sebaliknya, kalau keburukan yang dilakukan maka semua akan kembali pada manusia yang melakukan keburukan.

Untuk menjaga dan meningkatkan kebaikan agar terus tersambung dalam jangka waktu lama, TGB menekankan tiga hal yang harus dilakukan, yaitu meluruskan orientasi dan niat, pembiasaan dan kolektifitas atau kebersamaan.

“Orientasi kita adalah mengharapkan ridho Allah SWT,” ujar TGB dalam khutbahnya.

Ia menjelaskan, bahwa segala amal kebaikan yang dilakukan oleh umat manusia hendaklah bertumpu pada keridhoan Allah SWT. Kalau tidak, kata TGB, maka semua itu akan sia-sia dan terputus.

LEAVE A REPLY