Terimakasih Guruku, Untukmu Seluruh Baktiku

0


Mataram, – Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan hari guru merupakan hari spesial bagi bapak dan ibu guru yang disematkan padanya “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.

Jasa dan pengabdian bapak dan ibu Guru dijadikan fondasi keilmuan yang kokoh dalam mencetak generasi anak bangsa yang berkarakter dan berdaya dalam mengisi ruang-ruang pengabdian dan pembangunan bangsa.

Peringatan Hari Guru Nasional 2019 kali ini digagas oleh BEM FIP UNDIKMA Mataram bersama HMPS AP, PLS, BK dan TP, digelar di Auditorium Aula Handayani yang dikemas dengan dialog Hari Guru dengan mengangkat tema “Terimakasih Guruku, Untukmu Seluruh Baktiku”.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor Undikma Mataram Prof. Drs. Kusno, Ph.D sebagai pembicara. Hadir juga Warek I, Dekan FIP (Drs. Wayan Tamba, M.Pd), Kaprodi se-Fakultas Ilmu Pendidikan, seluruh Dosen dan mahasiswa FIP Undikma Mataram. Selaku moderator dalam kegiatan ini pak Muh. Husein Basyha.

Dalam dialog hari guru ini, Rektor menerangkan bahwa pentingnya penguatan keilmuan/pengetahuan yang dibarengi dengan penguatan keadaban.

“Penguatan keadaban ini diimplementasikan melalui pendidikan karater kepada seluruh siswa dan mahasiswa. Sebagai mahasiswa keguruan, mahasiswa harus membenahi diri dengan nilai-nilai keadaban sejak dini, disamping harus menguatkan keterampilan kejuruannya,” imbuhnya, Senin (25/11).

Ditambahkan oleh Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd bahwa pendidikan mengedepankan etika dan estetika yang merupakan cermin dari keilmuan yang dimiliki.

“Tugas Guru yang menjadi agen keilmuan menjadi peran penting mewujudkan generasi yang mengedepankan etika dan sopan santun,” terang Alit.

Selanjutnya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan “Drs. Wayan Tamba, M.Pd menyampaikan pentingnya penguatan sumber daya mahasiswa yang dapat di implementasikan di masyarakat.

“Mahasiswa harus mampu menjadi pelopor di masyarakat setelah wisuda nanti, tunjukkan bahwa keilmuan adik-adik mahasiswa mampu memberikan kemanfaatan untuk masyarakat banyak,” pesannya.

Peringatan hari Guru yang dilaksanakan oleh BEM FIP Undikma ini dihajatkan untuk memperkuat pertalian emosional dan keilmuan antara guru dan siswa. Karena bagaimanapun kita bisa seperti sekarang ini adalah karena jasa sang guru yang dengan tegar membimbing dan mengajarkan kita.

Auliurrahman Ketua BEM FIP, mengungkapkan bahwa peringatan seperti ini merupakan bagian dari tanda trimakasihnya kepada bapak dan ibu guru,

“dan juga untuk mengingatkan kepada kita semua bahwa betapa besar jasa-jasa bapak ibu guru yang dapat mencetak geberasi emas bangsa ini,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan hari guru 2019 Yayan Ansor menjelaskan bahwa kegiatan Hari Guru ini tidak hanya Dialog Keguruan, namun juga dirangkaikan dengan kegiatan pengobatan gratis, penanaman pohon serta bakti sosial yang dilaksanakan di lingkungan Nyangget kelurahan Selagalas.

Kegiatan bakti sosial dan pengobatan geratis ini  bekerjasama dengan KNPI Kota Mataram dan Dinas Kesehatan Kota Mataram yang akan dilaksanakan pada hari Selasa 26 Nov 2019.

“Kegiatan ini semata-mata kami niatkan sebagai tanda terimakasih kami kepada seluruh guru kami di ibu pertiwi ini,” tutupnya.(red)

LEAVE A REPLY