Sempat ditutup Kini Dermaga Labuhan Haji Kembali Dibuka Untuk Umum

0
Gerbang Masuk dan Keluar Demaga Labuhan Haji
Gerbang Masuk dan Keluar Demaga Labuhan Haji

Lombok Timur,
Beberapa waktu lalu, setelah sempat dilakukan penutupan akses masuk berupa sterilisasi untuk masyarakat umum, kini dermaga pelabuhan Labuhan Haji sudah dibuka kembali untuk dapat dimasuki ataupun dikunjungi oleh para halayak ramai.

Kepala Unit Pelayaran Pelabuhan (UPP) Labuhan Haji Hasibullah, mungungkapkan bahwa dibukanya pelabuhan kembali untuk umum setelah sempat dilakukan sterilisasi selama 3 bulan mulai dari bulan Oktober hingga Desember lalu, adalah merupakan tindakan untuk menjamin keselamatan serta tercipta kelancaran dalam melakukan pengerjaan pengerukan kolam labuh pelabuhan Labuhan Haji.

Sementara itu, selama dilakukannya sterilisasi pelabuhan kemarin lanjutnya, target pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Timur dari pelabuahan Labuhan Haji diakuinya tidak mencapai target.

Dari Rp 297 juta target yang telah ditentukan untuk PAD, sebanyak 98 persen yang berhasil dikumpulkan, sehingga pada tahun 2017 ini dirinya optimis dengan target pendapatan yang lebih tinggi yakni sebesar Rp 342 juta, tahun ini dapat direalisasikan.

Kendati demikian, hal menjadi kekhawatirannya adalah jika tahun 2017 tersebut adalah pengerjaan pengerukan kolam labuh pelabuhan Labuhan Haji segera akan dilakukan, maka sterilisasi akan dilakukan lagi, dalam hal ini akan berdampak terhadap target pendapatan yang telah sepakati.
Meski begitu Hasibullah menepis anggapan tersebut, diakui dirinya bahwa pihaknya optimis dapat mencapai taget PAD tersebut.

“Sterilisasi dermaga sementara dilakukan untuk keselamatan dan kelancaran pengerjaan, jadi bukan berdamapak pada PAD, toh juga mereka akan menapat pemasukan lebih banyak jika pengerjaan telah selesai” kata Hasibullah.

Pada tahun 2017, rencananya bongkar muat barang akan segera dilakukan, menuritnya jika penutupan pelabuhan terus dilakukan maka pemerintah daerah akan rugi akibat tidak ada pemasukan PAD.

“Februari dermaga mulai dibuka, jika terus ditutup, sehingga banyak bongkar muat barang yang masih dilakukan oleh Bahan Bakar jenis solar yang bekerja sama dengan PT. Selaparang Agro terus dipending, maka daerah akan rugi” tegasnya.

Selain itu, Hasibullah juga menegaskan, siapapun pemimpin yang akan mengkomandoi Lombok Timur nantinya, setelah dilakukannya pemilu bupati tahun 2018 mendatang, dia mengaharpkan agar dilakukannya kepemimpinan estafet di mana program pemimpin sebelumnya sebaiknya dilanjutkan agar tidak terjadi kemangkrakan program.

Sehingga ia meminta agar pemerintah daerah memperhartaikan kondisi fisik yang bertemu langsung dengan laut di Labuhan Haji, agar sebaiknya dibangun pemecah ombak untuk lebih memperpanjang kondisi fisik akibat hempasan ombak. (tur)

LEAVE A REPLY