Selamat Berlebaran, Kami Menjagamu

0

Oleh : KBP Arman Achdiat, S.IK.M.Si

Lebaran bagi ummat Islam adalah momen yang sangat di tunggu. Sebuah momen Berkumpulnya semua keluarga, biasanya terpusat di rumah orang tua atau keluarga yang paling tua.

Jika sebagian besar ummat Islam bahagia berkumpul bersama keluarga di hari Lebaran. Belum tentu dengan semua anggota Polisi, khususnya Polisi Lalu lintas. Mereka harus terlibat dalam Operasi Ketupat Gatarin 2018, sebuah operasi kemanusiaan dengan memprioritaskan pada memberikan jaminan kenyamanan bagi masyarakat yang Berlebaran.

Khusus di Nusa Tenggara Barat, Operasi Ketupat Gatarin 2018 berlangsung sejak tanggal 7 – 24 Juni 2018. Setiap anggota Polisi Lalu lintas aktif dalam operasi, baik yang bertugas di kantor maupun di lapangan, semua mendapatkan tugas.

Dalam prakteknya, Operasi Ketupat Gatarin 2018 menggunakan prinsip keanekaragaman agama para anggota Polantas. Anggota yang beragama selain Islam prioritas untuk mendapat giliran jaga di jam jam berbuka puasa atau maghrib, dan di saat sholat Idul fitri. Kekuatan penuh diturunkan, tidak hanya di Direktorat Lalu Lintas, tetapi juga di setiap bidang di bawah Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat. Praktek toleransi dalam implementasi pengayoman telah lama mendarah daging di lingkungan Polri.

Keinginan para anggota Polisi untuk bisa berkumpul, Berlebaran, bersilaturrohim ke sanak keluarga tentu ada. Mereka juga ingin seperti ummat Islam lainnya yang sedang menikmati kebahagiaan lebaran bersama keluarga. Tetapi tugas menjaga masyarakat yang merayakan lebaran lebih penting.

Setiap hari, mulai jam 06.00 Wita, seluruh personil yang terlibat Operasi Ketupat Gatarin 2018 Polda NTB telah mulai melaksanakan Apel persiapan Operasi. Sejak tanggal 7 – 24 Juni 2018. Dengan sistem shift, mereka bertugas sampai jam 00.00 Wita atau menyesuaikan kondisi lapangan, jika masih ramai, para komandan meminta para anggota Operasi untuk menunggu sepi, sambil menunggu patroli rutin.

Khusus sehari sebelum hari raya Idul fitri, tepatnya hari ini, Kamis (14/6), seluruh personil Operasi Ketupat Gatarin 2018 Polda NTB berkumpul untuk mengikuti apel kesiapan pengamanan takbiran sampai sholat idul fitri besok harinya.

Polisi dan semua instansi pendukung Operasi Ketupat Gatarin 2018 telah berupaya maksimal menjaga dan mengayomi masyarakat di momen bahagia ‘idul fitri. Mari kita dukung Polisi untuk bersama-sama semua lapisan masyarakat untuk Mensukseskan Operasi Ketupat Gatarin 2018. Untuk kenyamanan masyarakat dan kesuksesan perayaan idul fitri serta cuti bersama.

Selamat hari raya idul fitri, Taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan bathin. Silahkan Berlebaran, kami akan menjaga kalian.

Penulis adalah Kasatgasops Ketupat Gatarin 2018 Polda NTB/Dirlantas Polda NTB. (bn)

LEAVE A REPLY