Sapa Masyarakat, Calon DPD RI Ini Rela “Ngojek”

0

 

kabarlombok.com | Lombok Barat

Sulitnya akses jalan menunuju salah satu dusun Di Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat tidak menyurutkan nyali calon anggota Dewan Peerwakilan Daerah (DPD RI) Dapil NTB ini. Satu-satunya transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Dusun diantara kaki bukit ini adalah Ojek.

“Maaf pak, mobil hanya bisa sampai disini, selanjutnya kita menggunakan Ojek,” ucap salah seorang warga yang mengundang H Irzani untuk bersilaturrahmi dengan warga dusunya.

Tanpa menunggu reaksi warga tersebut, H Irzani menaiki salah satu motor milik tukang ojek yang mangkal di ujung jalan beraspal tersebut. Dengan cekatan sang tukang ojek meliuk-liuk menghindari jalan tanah berlubang menuju Dusun yang berbatasan langsung dengan hutan lindung di Kecamatan Gunung Sari tersebut.

Mantan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini tidak datang sendirian, dengan beberapa orang dalam satu rombongan kompak menggunakan Ojek termasuk awak media Kabar Lombok. Sepanjang jalan yang terlihat disebelah kiri adalah tebing bukit yang ditumbuhi oleh pohon enau dan tanaman kayu lainnya. Sementara sebelah kanan jalan berupa dataran rendah dengan sungai yang nampak mulai mengering.

Menurut Sadrah Tukang Ojek yang membawa reporter Kabar Lombok ini, penghasilan warga bergantung dari berkebun.

“Rata rata warga desa ini menggantungkan hidup dari kucuran air enau yang diolah jadi tuak manis atau gula aren,” terang pria paruh baya ini.

Selain berprofesi sebagai penyadap air enau, warga juga menggantungkan hidup dari tanaman buah-buahan seperti duren pisang dan jenis buah-buahan lainnya.

Setelah menmpuh perjalanan sekitar 20 menit, rombongan sampai disebuah Sekolah Dasar terakhir di desa itu. Di halaman depan sekolah tersebut berdiri tenda besar berwarna coklat untuk sekolah darurat bagi siswa. Maklum Sekolah dasar di Dusun tersebut tidak luput dari kerusakan akibat bencana alam gempa bumi bulan Agustus lalu.

Rombongan Sekertaris Umum Wilayah NW NTB ini berjalan kaki menuju pemukiman warga disambut senyum sumringah puluhan warga yang sudah menanti dibawah bangunan darurat beratap seng. Rumah warga dusun tersebut juga sebagian besar rata dengan tanah akibat gempa.

Calon nomor urut 30 ini langsung menyapa warga dengan santai, dengan lebih banyak menggunakan bahasa Sasak. Pria kelahiran Suralaga ini lalu mensosialisasikan dirinya yang hendak maju sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI).

“Tiang diperintah oleh TGB untuk mewakili warga NTB sebagai calon DPD RI,” ucap H Irzani dihadapan warga tersebut. Selanjutnya warga diberikan pengarahan terkait tata cara mengenali calon DPD RI dan warna kertas suara yang akan memuat poto calon DPD RI.

“Kalau pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kemarin kita coblos Jilbab Ijo, sekarang kita coblos Batik Ijo,” papar H irzani disambut tawa warga yang hadir.

Sesi tanya jawab dengan warga ini berlangsung seru, pertanyaan warga mengenai kapan rumah mereka dibangun kembali oleh pemerintah, hingga harapan warga supaya jalan menuju desanya segera di aspal. Dengan sabar salah seorang anggota Persatuan Kerukunan Antar Umat Beragama NTB ini menjawab satu persatu pertanyaan warga.

Di Akhir dialog tersebut warga kompak menyatakan dukungan untuk H Irzani sebagai calon anggota DPD RI dengan salah satu niat bersama sama mengikuti perintah Ulama (TGB).

“Insha Allah pak, tiang ikut apa perintah Ulama kita yakni TGB,” cetus salah satu warga disambut tepuk tangan warga yang lain.

LEAVE A REPLY