Safari Dakwah TGB, Keistimewaan Masjid dalam Konsep dan Pemahaman Islam

0

kabarlombok.com – Yogyakarta
Safari dakwah TGB (Tuan Guru Bajang) Dr. HM Zainul Majdi pagi tadi sudah sampai di Masjid Jogokariyan Yogyakarta (13/5).

TGB yang juga cucu dari TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (pendiri Nahdlatul Wathan, Organisasi Islam terbesar di NTB) menyampaikan tausiyah dihadapan jamaah masjid usai shalat subuh berjamaah.

Gubernur Muda NTB ini menyampaikan pentingnya peran sebuah masjid yang menjadi sebuah keistimewaan bagi ummat muslim, sebab bagaimanapun juga aktor pertama dan utama ummat muslim yakni Nabi Besar Muhammad SAW selalu identik dengan masjid.

Iapun mengisahkan, dahulu ketika Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Makkah ke Madinah, Nabi menyempatkan diri untuk membangun sebuah masjid yang diberi nama masjid Kuba, dan selanjutnya di Masjid itu Nabi menanamkan pokok-pokok tauhid kepada ummat.

Selain itu, kata TGB, masa hayat Nabi Muhammad SAW lebih banyak dihabiskan untuk beri’tikaf dan beribadah bersama para sahabat di masjid, masjid juga kala itu menjadi lokasi sentral dan merupakan tonggak utama peradaban islam dimulai dari tempat suci itu.

Sehingga, lanjutnya, seluruh lapisan elemen masyarakat baik itu orang tua, pemuda, perempuan, dan anak-anak kala itu membentuk jiwa dan kepribadian mereka melalui masjid.

LEAVE A REPLY