Rumitnya Prosedur sebabkan Lambannya penanganan Gempa Lombok

0

Kabarlombok.com – Mataram

“Saya optimis rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan sesuai dengan rencana” ujar Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat menggelar pertemuan dengan awak media di Mataram, Selasa (9/10).

Hal ini dikatakan untuk menampik nada sumbang terkait lambannya penanganan rekonstruksi bencana gempa Lombok.

Ia beralasan kelambanan tersebut karena rumitnya pengurusan bantuan bagi korban bencana, namun yang pasti kata Dia keseriusan Pemerintah Pusat membantu penanganan pasca gempa terkait rekonstruksi dan rehabilitasi sudah dibuktikan dengan berjalannya tahapan-tahapan sejak tanggap darurat hingga memasuki fase rekonstruksi dan rehabilitasi.

“Keseriusan Pemerintah juga dibuktikan dengan kedatangan dua menteri yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Panjaitan dan dipertegas dengan hadirnya Direktur Pelaksana IMF pada Senin (7/10) lalu, saya mendengarkan langsung dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa anggaran untuk korban gempa tetap tersedia namun mekanisme penyaluran harus akuntable,” sambungnya.

Selain itu gubernur juga telah menunjuk Wakil Gubernur NTB Dr. Rohmi Djalilah sebagai ketua tim pemantau penanganan rekonstruksi paska bencana. Wagub ucap Dr. Zul telah melakukan pemantauan daerah dan rumah korban yang rusak.

“Saya sudah menunjuk wagub sebagai ketua tim pemantau penanganan korban bencana, sekarang beliau sudah turun ke lokasi bencana dan melakukan pengecekan terhadap rumah korban bencana,”ucapnya.

Pernyataan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan juga cukup membuat Gubernur merasa optimis bahwa pemerintah pusat tetap memberikan perhatian meski pemerintah pusat juga fokus mengurus korban gempa di Palu dan Donggala. (bn)

LEAVE A REPLY