Ramadhan, Warga Lombok Selatan Butuh Air

0

Foto : Plh Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H Subhan Hasan Kawal Distribusi air bersih di Lombok Timur bagian SelatanĀ 

 

Kabarlombok.com – LOMBOK TIMUR
Tiga desa di Lombok Timur bagian selatan tengah pusing air. Mengingat tingginya kebutuhan air saat Ramadhan, mereka pun mengajukan permohonan air. Menyikapi ini Dinas Sosial Provinsi NTB, langsung mengirim bantuan air ke dusun-dusun yang kesulitan air bersih.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H Subhan Hasan mengatakan, Dinas mengirimkan lima tangki air ke Lombok Timur bagian selatan. Tiap tangki air berisi 5000 liter air.

“Kondisinya memang kering sekali. Jadi harus dibantu,” katanya, Minggu (20/5).

Dijelaskan, tiga desa yang mendapat distribusi air adalah Serewe, Pemongkong, dan Jerowaru. Ketiga desa ini memang langganan mendapat bantuan air bersih.

“Selama Ramadhan ini distribusi air ke Lombok Timur bagian selatan intensitasnya ditingkatkan,” terangnya.

Subhan melanjutkan, distribusi air bersih tidak hanya terbatas di tiga desa. Sepanjang ada permintaan dari wilayah Kecamatan Jerowaru dan sekitarnya, dinas akan mengirimkan.

“Diluar permintaan khusus, kita akan tetap distribusi tiga tangki atau 15 ribu liter,” imbuhnya.

Wilayah selatan Lombok Timur ini, lanjut Subhan, memang wilayah yang sulit air. Selain karena hujan tidak turun, air tanah yang ada di kawasan ini sulit didapat. Selama ini warga banyak mengandalkan air dari Sumur Tutuk.

“Cuma kondisinya sekarang sumur juga mengering,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tidak seperti di wilayah lain di Pulau Lombok, air menjadi barang mewah bagi warga Kecamatan Jerowaru. Biasa mereka harus membeli air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tiap jeriken, dijual Rp 5 ribu. Untuk satu keluarga biasa membeli hingga lima atau enam jeriken. Selama Bulan Ramadhan, air paling dibutuhkan warga. Distribusi air bersih yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi NTB ini sekaligus meringankan beban ekonomi warga.(gf)

LEAVE A REPLY