Raih Banyak Medali, Zohri Pelari Tercepat Dunia Banjir Pujian dan Bonus

0

Kabarlombok.com – Mataram

Prestasi gemilang anak bangsa, Lalu Muhammad Zohri, yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF kategori bergengsi 100 m U-20 di Tampere, Finlandia, mendapat perhatian dari berbagai pihak. Pemuda sederhana kelahiran Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat 1 Juli 2000 tersebut saat ini masih berada di Finlandia dan akan bertolak ke Lombok pada tanggal 16 Juli mendatang.

Suasana rumahnya sampai saat ini Jum’at (13/7) masih ramai dikunjungi diantaranya dari Korem 162 Wirabhakti yang lebih dulu memberi penghargaan, Rektor IPDN didampingi beberapa civitas akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan masyarakat luas yang bangga akan prestasi Lalu Muhammad Zohri.

Rektor IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MH.
(kiri) bersama Danramil Tanjung Kapten Inf AA Gde Raibudiana

Bagaimana tidak, sebanyak 7 mediali emas, 3 medali Perak dan 2 pedali perunggu berhasil Lalu Mohammad Zohri raih sebelum ia menjuarai lari 100 meter pada ajang IAAF World U20 Championships, dengan catatan waktu 10,18 detik, di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Sejak tahun 2016, ia meraih juara tiga dalam Kejuaraan Nasional antar PPLP/D cabang olahtaga atletik 100 M putra. Kemudian juara dua pada kejuaraan nasional antar pplp/d cabag olahraga atletik  estavet 4×100 m putra, di Jakarta.

Pada tahun 2017, bintang prestasi Zohri semakin bersinar. Berbagai kejuaraan Atletik nasional berhasil ia menangi, diantaranya pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional XIV 2017 di Jawa Tengah, Zohri menjadi yang tercepat kategori lari 100 M dan 200 M putra. Masih dalam kejuaraan yang sama, Zohri berhasil meraih medali perak dalam kategori lari estafet 4 x 100 meter atletik putra.

Di Jayapura, Papua, Zohri si Pelari Ajaib, kembali menjadi yang tercepat pada Kejuaraan Nasions Atletik Antar PPLP/D & SKO, kategori lari 100 M dan 200 M putra. Selain meraih 2 medali emas kategori lari 100 M dan 200 M tersebut, Zohri juga berhasil meraih tempat ketiga dalam kategori lari estafet 4×100 m putra.

Masih di tahun 2017, pada Kejuaraan Ateltik Panglima TNI, di Surabaya, Zohri tampil sebagai pemenang dalam kategori lari estafet  4×100 m putra, dan juga meraih medali Perak dalam kategori lari 200 M putra dalam kejuaraan tersebut.

Pada Kejuaraan Nasional Atletik U18 dan U20 di Jakarta, Zohri meraih medali emas kategori lari 200 M putra. Sebelum Zohri berlaga di Tampere, Finlandia, ia mengikuti kejuaran Asian Schools Games Singapure 2017 dan berhasil meraih medali Perak dalam kategori lari 200 M putra.

Zohri yang tidak diunggulkan, membuat kejutan dengan finish di urutan pertama mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Catatan waktu Zohri ini juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra yang tercatat atas namanya sendiri 10,25 detik dan mendekati rekornas senior 10,19 detik atas nama sprinter Suryo Agung Wibowo.

Zohri sendiri dalam video yang diperoleh dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden.

“Terima kasih atas doa Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia,” ucap Zohri.

Renovasi Rumah Zohri

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok.

“Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” kata Presiden kepada Biro Pers, Kamis malam (12/7). (bn)

LEAVE A REPLY