Qurban 2 Ekor Sapi di Kayangan, TGB : “Musibah Tidak Boleh Mengurangi Rasa Syukur”

0

Kabarlombok.com – Lombok Utara

Takbir berkumandang di penjuru Dunia menyambut Hari Raya Idul Adha yang juga disebut sebagai Hari Raya Qurban. Begitu pula halnya di lokasi terdampak gempa dahsyat yang mengguncang Lombok Utara dan sekitarnya Minggu 5 Agustus lalu. Seperti diketahui hingga saat ini gempa susulan masih terjadi. Namun tidak mengurangi kekhusukan masyarakat dalam melaksanakan Sholat Idul Adha khususnya di kabupaten Lombok Utara sebagai salah satu Kabupaten terdampak gempa paling parah.

Rabu (22/8), Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGB KHM Zainul Majdi melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 H/2018 M di Lapangan Sepak Bola Desa Sumur Pande Desa Sesait Kecamatan Kayangan Lombok Utara.

Dalam khutbahnya Ia mengatakan
“Yahmadunalloha ‘ala kullihal”, almufarridun adalah orang-orang yang selalu memuji asma allah di dalam setiap keadaan. Musibah bencana yang menerpa orang beriman tidak boleh mengurangi kesyukuran kepada Allah SWT.

“Saudara-saudaraku yang ada di Lombok Utara, yang baru saja kita merasakan bersama musibah bencana yang luar biasa, bencana dan musibah ini tidak boleh mengurangi rasa syukur kita kepada Allah SWT,” katanya dihadapan ribuan jamaah sholat ied penuh haru.

Lebih lanjut ia mengatakan bagi seseorang yang beriman didalam penjelasan para ulama, semua ujian, musibah, dan cobaan itu pada akhirnya akan mendatangkan satu dari tiga keberkahan yaitu rof uddarojat.

“Cobaan atau musibah itu adalah untuk mengangkat derajad kita disisi allah dengan syarat kita menghadapi musibah bencana itu dengan penuh kesabaran,” ungkapnya.

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini TGB menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 20 ekor kambing, serta 1 ekor sapi dari Presiden. Pelaksanaan sholat Idul Adha ini dihadiri ribuan jamaah pengungsi korban gempa yang juga mendirikan tenda pengungsian di Lapangan tersebut. (bn)

 

LEAVE A REPLY