“Putra NTB” Kolonel Pnb Arief Hartono di Lantik Menjadi Danlanud Eltari Kupang NTT

0

(foto : sertijab dari kiri ke kanan, Arief Hartono, Fajar Prasetyo, Ronny Irianto)

Kabarlombok.com, Makasar – Bertempat di Koops AU II Makassar Jum’at 4 Mei 2018, Panglima Komando Operasi (Pankoops) Angkatan Udara II, Marsda TNI Fajar Prasetyo telah melantik Kolonel Pnb Arief Hartono S.H. menjadi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Eltari Kupang NTT menggantikan Kol Pnb Ronny Irianto Moningka S.T. M.M. Yang sekarang menjadi Asops Koopsau II Makassar.

Dalam sambutannya Panglima Komando Operasi (Pankoops) Angkatan Udara II berpesan agar Pangkalan Udara Eltari NTT dibawah Komando Kol Pnb Arief Hartono dapat mendukung pelaksanaan seluruh Operasi Udara khususnya bagi pesawat-pesawat tempur di wilayah udara Koopsau II dalam rangka menegakkan kedaulatan di Udara dan ikut bersama Pemerintah Provinsi setempat menjaga kondusifitas Pertahanan dan Keamanan wilayah NTT.

Tes pilot dalam pembelian pesawat di Italia

Kol Pnb Arief Hartono adalah Putra terbaik NTB kelahiran Sumbawa. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1994 ini mendapat penugasan pertama di Skadron Tempur 12 Pekanbaru. Usai menyelesaikan Sekolah di Sesko AU (2008) kemudian berkarir hingga menjadi Komandan Skadron Dik 101 (2009) dengan mengoperasikan pesawat jenis Grob. Ia juga Pernah mengikuti pendidikan singkat di Australia seperti Overseas Join Warfare Course OJWC (2006) dan Civil Military Cooperation CIMIC(2007).

“Kita harus siap ditugaskan dimanapun dan kapanpun untuk menegakkan kedaulatan wilayah udara NKRI”, ujar Arief Hartono usai pelantikan yang dihadiri jajaran petinggi TNI AU, Jumat (04/5).

[5/5 07.22] Arief Danlanud Yogya: Sbg tes pilot dlm
Pembelian pesawat di Italia
[5/5 07.23] Arief Danlanud Yogya: Dengan Letkol Romas bersama Letkol Romas dalam tim Jupiter Aerobatik
Pehobi olahraga golf dan beternak kuda pacu ini memiliki jam terbang total 5000an dengan berbagai macam pesawat, mulai dari pesawat tempur MK-53 HS Hawk, Hawk-200, Grob, T-34 C, AS-202 Bravo dan KT-1 (Pesawat yang digunakan Tim Jupiter aerobatik).

Kol Pnb Arief Hartono saat kunjungan di Pentagon USA

Lulusan Sekolah Sesko TNI Desember 2017 lalu ini juga pernah menjabat Danlanud Rembige NTB Pada tahun 2013. (bn)

LEAVE A REPLY