Pusat Karir Universitas Hamzanwadi Gelar “Hamzanwadi Expo”

0

Kabarlombok.com – Lotim

Globalisasi menjadikan persaingan dunia kerja baik nasional maupun internasional semakin ketat. Link and Match antara dunia kerja dengan Universitas harus sejalan dan selaras. Kampus merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa untuk mempersiapkan keterampilannya memasuki dunia kerja. Jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggipun relatif meningkat. Disisi lain, perusahaan membutuhkan tenaga kerja dari kalangan dengan keterampilan dan kemampuan diatas rata-rata. Salah satu indikator keberhasilan Perguruan Tinggi adalah jarak waktu rata-rata kelulusan dengan memasuki dunia usaha dan dunia industri. Link dan match antara dunia industri dengan perguruan tinggi harus selaras.

Dari pemikiran tersebut, dalam rangka memfasilitasi para mahasiswa dan para lulusan yang akan memasuki dunia kerja dan dunia usaha (DUDI), sebagai Unit Pengembangan Karir, Universitas Hamzanwadi mengadakan kegiatan yang bertajuk Hamzanwadi EXPO.

Hamzanwadi Expo merupakan sebuah acara yang diselengarakan oleh Pusat Karir Universitas Hamzanwadi dalam pameran produk hasil mahasiswa, pameran produk UMKM, diklat kewirausahaan dan pelatihan kerja bagi mahasiswa dan alumni.

Kegiatan hamzanwadi expo bekerjasama dengan BEM FKIP Universitas Hamzanwadi. Kegiatan ini lebih mempunyai tujuan :

(1) Membantu lulusan Universitas Hamzanwadi dan lulusan perguruan tinggi lainnya dalam mempersiapkan dalam memasuki dunia kerja,
(2) Mendekatkan dunia akademik dan dunia usaha secara interaktif dalam informasi ketenagakerjaan,
(3) Memberikan kesempatan kepada dunia usaha untuk memperkenalkan perusahaan sebagai penyedia bidang pekerjaan yang mempunyai prospek dimasa yang akan datang,
(4) Memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam merekrut tenaga kerja,
(5) membangun kemitraan yang strategis dan saling menguntungkan antara Universitas Hamzanwadi dengan dunia usaha dan industri khususnya dalam penyediaan tenaga kerja/ SDM yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berdasar atas pertimbangan tersebut, rangkaian kegiatan “Hamzanwadi Expo” terpusat pada Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Hamzanwadi dan Auditorium lantai III Universitas Hamzanwadi.

Untuk kagiatan di GOR, Universitas Hamzanwadi lebih terfokus pada “Pameran Produk Mahasiwa” dan “Bazar Kuliner Berbasis Produk Indofood” yang berlangsung dari tanggal 21-28 Juli 2018. Selain dua kegiatan tersebut, untuk membekali kegiatan mahasiswa yang siap memasuki dunia kerja dan usaha, pusat karir menyelenggarakan kegiatan “Seminar dan Pelatihan kerja serta Workshop Kewirausahaan” yang tujuannya memberi bekal keahlian enterpreneurship kepada mahasiswa dan para lulusan universitas hamzanwadi sebelum memasuki dunia kerja yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2018 di Auditorium Universitas Hamzanwadi. Karena dunia wirausaha saat ini menjadi tren bagi kalangan mahasiswa atau anak muda untuk menghadapi tantangan zaman.

Untuk kegiatan tersebut, Pusat Karir bekerjasama dengan beberapa lembaga terkait diantaranya Dinas Koperasi dan UMKM PROP NTB, BI perwakilan NTB, INDOFOOD, OWNER UD SAFIR, BANK SINAR MAS FINANCE DAN BANK NTB SYARIAH.

Kepala Pusat Karir Universitas Hamzanwadi Dr. Muhammad Ali, M.Si mengatakan “Hamzanwadi Expo” merupakan agenda tahunan dengan waktu pelaksanaannya dipertengahan tahun. Kegiatan ini merupakan gawe besar Pusat Karir Universitas Hamzanwadi dengan rangkaian kegiatannya mulai dari pameran hasil produk mahasiswa semua Program Studi dan UKM serta BEM se-Universitas Hamzanwadi, JOB FAIR, Pelatihan Kerja, Workshop Kewirauasahaan.

“Tujuan utamanya adalah meyiapkan para mahasiswa dan alumni untuk memasuki dunia kerja dan usaha.” ucapnya singkat.

Ia berharap kedepan kegiatan Hamzanwadi Expo akan lebih semarak lagi dengan menggandeng beberapa dinas terkait baik Pemprov. NTB, PEMKAB LOTIM, dan perusahaan-perusahan lainnya.

“Ini merupakan langkah awal untuk membangun mitra dan fondasi yang kuat untuk mempersiapkan para mahasiswa dan alumni agar terserap di dunia kerja dan usaha.” imbuhnya. (bn)

LEAVE A REPLY