Puluhan Wisman Bersih-Bersih Pantai Gili Terawangan Jumat Rutin

0

Kabarlombok.com – Lotara
Permasalahan polusi sampah plastik ke laut merupakan isu global yang tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, hampir 80% sampah yang berada di laut berasal dari daratan.

Sementara Indonesia sendiri menyandang predikat sebagai negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik ke laut setelah China.

Berdasarakan penelitian Dr. Jenna Jambeck (2015) terdapat 6 negara anggota ASEAN yang masuk ke dalam daftar 20 besar negara penyumbang sampah plastik ke lautan.

Seperti di kutip di dietkantongplastik.info, negara-negara tersebut adalah Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

Oleh karena itu, sekitar 62 orang Wisatawan Mancanegara  (Wisman) menggelar kegiatan bersih bersih di bibir pantai Gili Trawangan.  Kegiatan menjadi perhatian Wisatawan Lokal  yang ada dilokasi.

Dalam aksi bersih pantai di bagian terdepan Gili Trawangan itu,  terkumpul sampah total 224 kg dan 10,500 biji sampah rokok.

Sian Williams, koordinator kegiatan bersih pantai itu mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mencipatakan kawasan Gili Trawangan yang bersih dan bebas dari polusi sampah.

“Kegiatan bersih-bersih pantai di gili dilakukan setiap hari jumat untuk memunguti sampah plastik, puntung rokok, sampah botol,” jelas Sian.

Clean up beach di gili trawangan memang sudah dilakukan secara rutin para penyelam yang ada di Gili Trawangan. Ia pun berharap kegiatan ini bisa menyadarkan para wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan.

“Kebersihan pantai adalah tanggung jawab kita bersama, karena kalau pantai bersih pasti kita akan merasa nyaman berlibur di sini (red, Gili Trawangan),” harap wanita yang sangat perduli dengan kebersihan pantai di Gili Trawangan ini.

Sian pun mengungkapkan rasa cintanya pada Gili Trawangan, atas dasar itulah dia tidak ingin melihat gili trawangan di kotori apalagi di rusak.

“Saya cinta pulau ini (Red. Gili Trawangan),” ungkap Sian.  (*)

Jurnalis Online Indonesia

LEAVE A REPLY