Program PPA – PKH diharapkan Menjunjung Tinggi Nilai Pendidikan

0

kabarlombok.com – Lombok Timur

Program PPA – PKH Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Provinsi NTB digelar selama 15 hari mulai dari tanggal 9 sampai dengan 23 Mei 2017 di LLK Selong.

Peserta program PPA (Pengurangan Pekerja Anak) ini menyasar anak-anak putus sekolah usia dibawah 17 tahun yang semestinya diusia itu anak-anak menghabiskan waktu dibangku sekolah untuk mengenyam dunia pendidikan.

Lalu Sirwan Ali selaku koordinator program mengatakan kepada kabarlombok.com, peserta program ini diikuti oleh 120 anak dan 12 pendamping yang tersebar di masing-masing kecamatan di Lombok Timur.

Latar belakang kegiatan program ini, kata Lalu Sirwan, adalah berangkat dari banyaknya jumlah pekerja anak dibawah umur yang putus sekolah, dan melalui program ini nantinya peserta anak-anak tersebut dapat termotivasi dan menyadari betapa pentingnya pendidikan.

“Setelah kegiatan ini kita harapkan, anak-anak ini bisa menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan, sebab mengingat usia mereka yang masih dibawah umur untuk bekerja” kata Lalu Sirwan.

Sementara itu, ditempat yang sama koordinator PKH (Program Keluarga Harapan) Kabupaten Lombok Timur H Muhammad Azwar mengatakan, PKH dalam hal ini hanya sebatas memberikan data mengenai anak-anak kurang mampu yang putus sekolah.

“Jadi kita di PKH hanya memberikan data mengenai anak-anak yang wajib belajar” ungkapnya.

Ahmad Yani, salah seorang pendamping program kegiatan ini mengatakan, program ini adalah program dari Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Pulau Lombok yang menjadi leading sektor Disnakertrans Provinsi NTB.
Ia juga mengatakan, kegiatan program ini memiliki banyak manfaat, baik itu bagi anak-anak peserta maupun pendamping sendiri.

“Kegiatan berlangsung setiap hari selama 15 hari, kegiatannya full dari pagi sampai malam, ada imtaqnya juga” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Lalu Suraja, pendamping asal desa kotaraja kecamatan sikur ini sangat termotivasi menjadi pendamping bagi anak-anak ini, sebab selain menjadi pengabdian sosial, ia mengaku banyak mendapat pelajaran dan manfaat dari kegiatan ini.

LEAVE A REPLY