Perkuat Karakter Siswa, Baiq Diyah Edukasi Implementasi Kebangsaan

0

Kabarlombok.com – Mataram

Moralitas dan budi pekerti yang luhur mulai terkikis zaman, nasionalisme dipertanyakan, hal ini sangat tidak baik bagi perkembangan karakter pelajar yang nota bene menjadi generasi penerus.

Sebagai sosok orang tua bagi siswa-siswi pelajar, Anggota DPD RI Baiq Diyah Ratu Ganefi berikan edukasi dasar tentang budaya dan penguatan karakter kepada seluruh peserta yang hadir dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Aula Gedung SMA Saraswati Kota Mataram pada Rabu (12/9). Hal ini dirasa cukup penting guna mendidik para generasi penerus bangsa sebagai generasi yang hebat, generasi yang kuat untuk memimpin bangsa.

“Itulah mengapa seharusnya lagu – lagu kebangsaan itu penting untuk dinyanyikan setiap membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah. Jangan menilai itu hanya sebuah lagu, namun lagu – lagu kebangsaan itu akan membentuk karakter setiap generasi bangsa untuk memahami imlementasi persatuan bangsa,” ucap Baiq Diyah membuka materi.

Acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang mengupas tentang Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, terhadap penerapan UU Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhineka Tunggal Ika Semboyan Negara, senator perempun dapil NTB ini memberikan kuliah umum kepada ratusan Siswa dan Guru SMA se Kota Mataram. Motivasi pun terus terkucur dalam moment ini untuk membangkitkan semangat dalam kerangka percepatan pemulihan kualitas pendidikan daerah pasca diguncang gempa bumi beberapa waktu lalu.

Sejumlah pertanyaan kritis dari Guru dan siswa pun, sangat di apresiasi Baiq Diyah sebagai bukti meningkatnya Ideologi putra putri bangsa. Yang disoroti dalam sosialisasi yang kesekian kalinya ini, yakni terkait kesetaraan kualitas pendidikan antara sekolah swasta dan negeri. Dukungan demi dukungan tentang kiprah Baiq Diyah Ratu Ganefi sebagai Anggota DPD RI yang telah banyak berbuat untuk kemajemukan di Nusa Tenggara Barat, juga diungkapkan dalam sosialisasi tersebut.

“Ini memang harus menjadi perhatian pemerintah. Dimana kita harus lebih memperhatikan kurikulim yang ada. Namun para orang tua selalu berfikir untuk memasukkan anak ke sekolah favorit, nah zona ini perlu dipikirkan kembali. Alangkah baiknya mungkin perlu menggunakan penilaian antar sekolah favorit dan non favorit. Agar kualitas suatu sekolah dan dapat diperlakukan sama,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Saraswati Mataram, Ni Komang Sukartiyasih, mengapresiasi berlangsungnya kegiatan sosialisasi bernegara melalui implementasi 4 Pilar MPR RI dari DPD RI Baiq Diyah Ratu Ganefi. Menurutnya kegiatan positif dalam penekanan Ideologi Pancasila dan Penerapan Undang – Undang Negara ini, dapat menjadi mata pelajaran khusus yang didapatkan oleh pelajar. “Bagus sekali ini memperkenalkan tentang pemahaman arti dari anggota DPD dan MPR RI atau begaimana pemerintahan dipusat. Dari sini juga semoga harapan kami tentang sistem pendidikan penerimaan siswa yang secara umum masih ada kesenjangan antara swasta dan negeri dapat disampaikan Baiq Diyah Ratu Ganefi ke tingkat pusat,” katanya. (bn)

LEAVE A REPLY