Pengamat Politik: Baiknya Demokrat Fokus Di Lotim Dan Lobar

0

kabarlombok.com | Mataram

Pengamat Politik UIN Mataram Agus, M.Si menyarankan agak Partai Demokrat NTB lebih baik Fokus di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat pada Pilkada NTB 2018. Analisa Agus ini mengacu pada dinamika politik yang terjadi belakangan ini.

Menurutnya, makin sempitnya ruang gerak Partai Demokrat membangun koalisi dengan partai lain tentunya berimbas pada minimnya pilihan figur yang akan mendampingi calon yang diusung oleh Partai Demokrat NTB. Kendala lainya yang dihadapi oleh Partai Demokrat adalah keharusan linernya antara Pilgub dengan Pilbup Kabupaten/Kota.

“Kan repot jika sisa Partai Politik yang belum punya calon sedikit dan calon yang tersisia tinggal satu dua orang saja” paparnya kepada KabarLombok.com

Lebih jauh Agus menganalisa, jika benar PKS NTB menolak berkoalisi dengan Demokrat maka akan lebih pelik persoalan yang dihadapi Demokrat pada Pilkada kali ini. Komposisi kursi PKS NTB yang berjumlah 6 sangat menentukan langkah Demokrat NTB membangun koalisi untuk bisa mengusung Calon Kada.

“Masih ada Hanura dan PDIP yang bisa melengkapi, namun peluangnya tipis mengingat kedua partai tersebut sudah memiliki Selly” Ulas mantan anggota KPU NTB ini.

Dalam pandangan Agus, jika komunikasi dengan PKS buntu alangkah lebih baiknya jika Demokrat NTB melepas Pilgub dan fokus ke Pibup Lombok Barat dan Pilbup Lombok Timur.

“Menurut saya, jika kondisi komunikasi dengan partai yang tersisa (PDIP, HANURA, PBB dan PKS) tidak kunjung ketemu ujungnya, baiknya fokus di dua kabupaten itu saja” saran pria asal Lombok Tengah ini.

“Namun Partai Politik akan sulit melepaskan moment Pilkada mengingat kekuasaan adalah hasil proses politik tersebut” Pungkas Agus. (mil)

LEAVE A REPLY