Pemkab Lotim Gelar Sosialisasi Germas

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Bupati Lombok Timur H. Moh Ali bin Dachlan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Rohman Farly, MM menghadiri acara sosialisasi Gerakan Masyarakt (Germas), hari Selasa (8/8) bertempat di pendopo Bupati Lombok Timur.

Hadir dalam acara tersebut anggota Komisi IX DPR RI Dra. Hj. Ermalena, kepala BBPK jakarta Drs. Zaenal Komar, Kepala Dinas Kesehatan Prov. NTB, kepala Dinas Kesehatan kab. Lotim Asrul Sani, M.Kes, Dinas instansi terkait, dan tamu undangan yang berjumlah kurang lebih 150 orang perwakilan dari 10 Kecamatan, Puskesmas dan toga Toma kab. Lotim.

Sekretaris Daerah Kab. Lotim mengungkapkan sehat adalah tuntutan, keharusan bahkan keniscayaan, sebab hidup sehat akan membawa masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

“Pemerintah Daerah telah menyiapkan sarana dan prasarana, seperti pengadaan 20 unit ambulan untuk puskesmas dan 42 unit kendaraan operasional, yang telah diserahkan Bupati pada waktu yang lalu” ujarnya.

Rohman juga mengatakn bahwa pelaku-pelaku di posyandu telah dilatih dengan baik.

Diakhir  sambutannya Sekda berpesan kepada hadirin peserta sosialisasi agar meningkatkan kesadaran kehidupn lebih sehat, serta dapat mensosialisasikan Germas ini pada masyarakt luas, dengan cara menggerakkan fisik, makan sayur dan buah secara rutin, sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lotim,  Drg. Asrul  Sani  menyampaikan bahwa germas ini merupakan gerakan yang sistimatis, yang di harapkan masyarakat meningktkan kehidupannya menjadi lebih sehat.

Asrul juga menyampaikan posyandu balita di Lombok Timur berjumlah 1735 posyandu,  Puskesmas berjumlah 32 dan pada tahun ini akan bertambah 2 Puskesmas lagi, Sedangkan pustu berjumlah 91, Puskesdes  sebanyak 189 dari 254 Desa dan kelurahan.

Pada kesempatan itu juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur mencanangkan germas yang ditandai dengan makan buah bersama didampingi anggota Komisi IX DPR RI, Kepala Bapelkes Mataram, Kepala Dinas kesehatan kabupaten Lombok Timur dan Selanjutnya melakukan Penandatanganan komitmen bersama untuk hidup sehat.

LEAVE A REPLY