Operasi Patuh Gatarin 2018, Ditlantas Polda NTB Jaring Duapuluhan Ribu Pelanggar

0
Arman Achdiat didampingi jajaran Ditlantas Polda NTB

Kabarlombok.com, MATARAM – Pelaksanaan Operasi Patuh Gatarin 2018 sejak tanggal 29 April hingga 9 Mei di wilayah Ditlantas Polda NTB berlangsung sangat signifikan. Hal ini juga atas peran beberapa instansi terkait yang turut hadir sejak hari pertama operasi hingga hari terakhir. Demikian dikatakan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB KBP Arman Achdiat S.IK.M.Si dalam siaran persnya di Mataram Senin (14/5).

Arman membeberkan jumlah pelanggaran meningkat sekitar 39 persen dibanding tahun sebelumnya yakni Pada Operasi Gatarin 2017 lalu, tercatat sebanyak 16.969 pelanggar diberi sanksi ditilang, dan 1.185 diberi peringatan teguran. Sedangkan untuk tahun ini 20.850 orang pengendara diberi sanksi tilang dan 4.435 orang pengendara mendapat teguran.

“Dari 20.850 orang pengendara yang kena tilang tersebut sebagian besar adalah pengendara sepeda roda dua sebanyak 17.618 kasus.” ungkapnya.

Arman menjelaskan, tujuh pelanggaran yang menjadi prioritas Operasi Patuh Gatarin ditemukan selama operasi. Didominasi pengendara sepeda motor tanpa helm standar SNI, sebanyak 6.850 pelanggar. Pada 2017, dalam operasi serupa kasus tidak menggunakan helm juga mendominasi tercatat sebanyak 5.680 pelanggar.

Arman menambahkan selain penegakan hukum dilakukan juga kegiatan preemtif dan preventif dalam menekan lakalantas.

“Melalui himbauan, sosialisasi ke sekolah dan masyarakat dengan memberikan edukasi tentang tertib berlalulintas dengan menyadarkan arti pentingnya keselamatan diri sehingga tidak mengganggu pengguna jalan yang lain, kegiatan preemtif ini juga kita lakukan melalui media masa cetak dan elektronik.” terangnya.

Dalam kegiatan pre-emtif itu, juga dilakukan pemasangan sedikitnya 7.260 sarana kampanye tertib berlalulintas berupa spanduk, leaflet, stiker, dan baliho di lokasi-lokasi strategis.

Untuk kegiatan preventif lanjut Arman Operasi Patuh Gatarin tahun ini mencapai 9.588 kegiatan berupa pengaturan lalu lintas, penjagaan, pengawalan, dan patroli lalu lintas. Sementara di tahun 2017 tercatat sekitar hanya 7.114 kegiatan.

Operasi Patuh Gatarin merupakan Operasi yang digelar sebellum Operasi Ketupat biasanya sebelum lebaran bertujuan untuk melakukan penertiban sehingga saat Operasi Ketupat digelar Ditlantas fokus pada pemberian pelayanan kepada masyarakat tanpa ada penindakan. (bn)

LEAVE A REPLY