Nasib Ternyata Baik (bersambung-2)

0

Mataram, – Telah satu tahun sudah Gubernur Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi menahkodai NTB. Banyak program yang ditelurkan dalam menjalankan roda pemerintahan. Program-program tersebut tertuang dalam visi NTB Gemilang.

Kinerja gubernur soal pariwisata NTB cukup baik, terlihat dari semangat Zul-Rohmi dalam membenahi pariwisata NTB. Dari ulasan sebelumnya Pariwisata sebagai andalan strategis seperti peningkatan infrastruktur yang sedang dan telah digeber pengerjaannya serta eksplore 99 Desa Wisata mulai memulihkan citra sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan yang signifikan.

Tak bisa dihitung lagi raihan penghargaan nasional maupun internasional untuk NTB baik dari segi pengelolaan pemerintahaannya yang baik (good goverment) maupun menciptakan NTB yang bersih dari korupsi (clean goverment) hingga mendapat pengakuan dunia internasional atas upaya dan ikhtiar dari kepemimpinan Zulrohmi terutama dibidang pariwisata.

Terpilihnya kembali Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik setelah sebelumnya pada tahun 2015 dan 2016 sebagai “World’s Best Halal Honeymoon Destination” dan “World’s Best Halal Beach Resort”, menurut Muslim Travel Index (IMTI).

Dalam upaya terus mewujudkan wisata halal terbaik dunia itu, pemerintah Provinsi NTB membuat regulasi yang termuat dalam Perda No. 2 Tahun 2016 tentang pariwisata halal dengan ruang lingkup pengaturan meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, industri, kelembagaan, pembinaan, pengawasan dan pembiayaan.

Pengelola destinasi pariwisata halal diwajibkan membangun fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan aktivitas kepariwisataan halal, seperti tempat dan perlengkapan ibadah wisatawan Muslim, serta fasilitas bersuci yang memenuhi standar syariah.

Semuanya itu dalam rangka mewujudkan NTB Gemilang yang menjadi visi utama dalam membangun NTB lima tahun  ke depan yang sudah termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).(red)

LEAVE A REPLY