MGMP PPKn Lobar Gelar Workshop Untuk Guru SMP

0

LOMBOK BARAT, – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Lombok Barat menggelar workshop untuk guru-guru SMP mata pelajaran PPKn se-Kabupaten Lombok Barat.
Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Lombok Barat, diwakili Kabid GTK SMP Lombok Barat, H. Ahmad Sujai, Kamis (25/7), di SMPN 2 Kuripan.

Dalam arahannya, Sujai mengatakan, guru merupakan faktor kunci dalam menanamkan nilai-nilai pancasila, baik disekolah dan di dalam keluarga dan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Siswa dapat lulus dengan baik, apabila dalam proses belajar mengajar guru dapat memberikan pelajaran kepada anak didiknya dengan baik,” katanya.

Menurut dia, guru menjadi sektor yang sentral. Maka, guru juga dituntut untuk benar-benar berkompeten. Bahkan, dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila.

“Guru PPKn harus bisa menjadi contoh ditiru dan digugu baik disekolah dan didalam keluarga, “katanya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengapresiasi upaya MGMP Lobar menggelar workshop terhadap guru mata pelajaran PPKn, dengan tujuan mengembangkan mutu guru.

Sehingga, sebutnya, guru akan menguasai kualitasnya. Dengan adanya Workshop ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan prestasi akademik dan profesionalisme guru di Lombok Barat. Ia juga memberikan apresiasi kepada Ketua MGMP mata Pelajaran PPKn yang telah melaporkan hasil kegiatan bimbingan teknis penanaman nilai pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa selama empat hari di Kota Surabaya yang di adakan oleh Kemendikbud Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Guru Sekolah Dasar beberapa waktu lalu.

“Dinas Dikbud Lobar telah banyak mengutus guru untuk mengikuti pelatihan yang di adakan Kemendikbu, Ketua MGMP PPKn adalah orang pertama melaporkan secara tertulis ke Dikbud. Saya memberikan apresiasi atas laporan hasil kegiatannya,” katanya.

“Mari kita semua menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena kegiatan inilah yang akan memiliki peran strategis dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Lombok Barat,” sambungnya.

Pemerintah daerah memupuk harapan agar peserta diharapkan nantinya dapat berpacu melakukan transformasi percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Barat.

“Sehingga dapat memberikan perubahan wajah dunia Pendidikan dan cita-cita yang mulia ini dapat terwujud dengan sempurna,” katanya.

Ketua MGMP Mapel PPKn Kaharuddin menjelaskan, kegiatan Workshop ini diselenggarakan dalam rangka mengkomunikasikan dan menyamakan pemahaman tentang materi Penguatan Pendidikan Karakter dan nilai-nilai pancasila.

Menurut guru SMPN 2 Kuripan kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama satu hari. Jumlah peserta sebanyak 35 orang, terdiri dari guru SMP mata pelajaran PPKn se-Kabupaten Lobar.

Dari kegiatan ini, diharapkan dapat tersusun kisi-kisi materi PPKn agar sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa khususnya mata pelajaran PPKn.

“Anggaran kegiatan ini dari dana mandiri anggota. MGMP dilaksanaan setiap 2 bulan sekali,” katanya.(red)

LEAVE A REPLY