Lolos Seleksi, 33 Pendamping Desa Jalani Pelatihan Pra Tugas

0

kabarlombok.com | Lombok Barat

Sebanyak 33 orang Pendamping Lokal Desa (PLD) yang lolos dalam seleksi yang diadakan Kementerian Desa dan PDTT melalui Satuan Kerja P3MD Provinsi NTB, hari ini mengikuti serangkaian pelatihan pra tugas, Senin (25/09) di Bintang Hotel Senggigi Lombok Barat.

Pra tugas yang rencananya akan digelar selama satu minggu ke depan yakni dari tanggal 24 september sampai dengan 1 Oktober 2017 ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Provinsi NTB Dr. Azhari, SH MH.

Dalam sambutannya Azhari menyampaikan bahwa pelatihan pra tugas yang diikuti oleh 33 orang yang lolos dalam tahapan seleksi yang diadakan di Universitas Mataram beberapa waktu lalu ini adalah merupakan pelatihan dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan yang sudah dimiliki, sebab menurutnya tenaga pendamping yang lolos ini diyakini memiliki integritas dan kapasitas untuk menjadi pendamping Desa.

“Tujuan diadakannya pelatihan pra tugas PLD ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan agar semua pendamping nantinya sudah dalam kondisi siap ditempatkan di Desa” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, saat ini Pemerintah betul-betul berkomitmen untuk membawa Desa ke arah pembangunan yang lebih baik sesuai dengan poin yang tertuang dalam Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Sementara itu, Tauhid Rifa’i selaku Koordinator Pendamping Tenaga Ahli Provinsi NTB menyebutkan, Pendamping Desa ditekankan untuk betul-betul mengerti, memahami, dan selanjutnya menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada.

“Pendamping Desa harus mampu mendampingi sekaligus memfasilitasi dan membantu proses pembangunan di Desa sehingga dapat berjalan dengan baik” ungkapnya.

Kembali ditegaskan Tauhid, bahwa Pendamping Desa tidak bertugas mengawal Dana Desa (DD) atau Anggaran Dana Desa (ADD) tetapi lebih kepada bagaimana pendamping tersebut dapat memfasilitasi dan melakukan pendampingan pada desa yang didampinginya. (tur)

LEAVE A REPLY