Lokasi Peretas Situs Resmi Pemkab Lotim Ada di Bekasi

0
Tampilan website Pemda Lotim yang diretas sejak beberapa waktu lalu

kabarlombok.com – Lombok Timur

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfo) Lombok Timur H Ridatul Yasa menyebut lokasi peretas laman web resmi Pemda Lotim ada di Bekasi, Jawa Barat.

Hal itu diungkapkannya setelah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kominfo di Jakarta.

“Dari hasil lacakan kominfo pusat lokasi yang menghack (meretas) ada di bekasi” sebutnya saat dikonfirmasi kabarlombok.com melalui pesan singkat (01/06).

Sebelumnya, ia membenarkan jika situs resmi Pemkab Lotim yang diakses melalui laman web “lomboktimurkab.go.id” diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab

“Memang website lotim masih di hack dan sedang kita kordinasikan dengan Kementerian kominfo di jakarta” terangnya.

Beberapa upaya yang tengah dilakukan pihak team kominfo saat ini adalah dengan membenahi sekaligus memback up data yang ada di server. Mantan Sekretaris pada Disnakertrans Lotim inipun berharap dalam waktu dekat website tersebut dapat tampil kembali dengan tampilan yang baru.

Selain itu, lanjut H Ridatul Yasa, yang terpenting saat ini ialah menghilangkan hackernya (peretas) dengan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kominfo di Jakarta, selanjutnya membenahi perangkat dan data yang sudah ada.

Faktor lain yang disebut-sebut sebagai penyebab mudahnya website resmi ini diretas adalah karena konten yang tersaji dalam website tersebut tidak berbayar sehingga pengamannya pun longgar tidak seperti konten yang berbayar.

“sementara ini konten kita tidak berbayar sehingga kedepan kita akan pakai konten yang berbayar termasuk pengamannya sehingga akan terjamin kelangsungannya, tentu dengan perjanjian yang jelas dan terbuka” lanjut Pak Yaya’ (Sapaan akrab Kadis Kominfo ini).

Beberapa tampilan juga nantinya akan dikembangkan sehingga akan lebih menarik baik dari segi isi, data, dan termasuk informasi yang akan disajikan, serta lebih memperkuat lagi pada sisi jaringannya.

“Kita kembangkan dan perbaharui tampilan agar lebih menarik baik isi maupun data dan informasinya” tandasnya.

Upaya terakhir, pihaknya akan merekrut tenaga PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang mampu dan tekun serta mumpuni di bidang informatika, serta dengan melaksanakan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada guna memperkuat Dinas-dinas dan Badan-badan di masing-masing instansi.

LEAVE A REPLY