Kota Mataram, Pioner pelayanan Pengaduan Online di NTB

0

Kabarlombok.com – Mataram. Inovasi pemerintah Kota Mataram yang menerapkan system online dalam pengaduan oleh masyarakat mendapat apresiasi dari Ombudsmen Perwakilan NTB. Dengan menggunakan sitem online tersebut, menjadikan Kota Mataram sebagai satu-satunya pemerintah daerah NTB yang sudah menerapkan pelayanan elektronik.

Apresiasi tersebut disampaikan Adhar Hakim, Kepala Ombudsmen Perwakilan NTB di Mataram di sela-sela pelatihan pengelolaan laporan pengaduan masyarakat untuk pelayanan publik, Kamis (2/11). Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) merupakan bagian dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik nasional (SP4N) di berbagai kota di Indonesia.

“Sayangnya, konsep-konsep ini di NTB baru Kota Mataram. Ini yang kita harapkan kota/kabupaten lain,“ katanya.

Dengan adanya pelayanan online ini, menurut Adhar Hakim, diharapkan dapat memutus rantai pungli di birokrasi. Pungli biasanya terjadi jika ada pertemuan antara warga yang membutuhkan pelayanan dengan pengelola pelayanan. Jika para pihak ini berbuat sesuatu yang tidak patut, maka pasti terjadi pungli. Tapi jika menggunakan alat-alat yang bersifatnya elektronik, praktik-praktik pungli dapat dieliminir.

“Kalau masih diurus tanpa proses yang mengeliminir pertemuan, kemungkinan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) masih ada,” katanya.

Untuk itu, sistem ini tidak hanya fokus terhadap pelayanan publik langsung terutama administrasi misalnya perijinan, sebaiknya juga kedepan juga untuk pelayanan-pelayanan internal seperti proses kenaikan pangkat, penilaian jabatan dan sebagainya. (ko)

LEAVE A REPLY