Ketua DPR RI: Saya Mendukung TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Menjadi Pahlawan Nasional

0

 

Mataram – kabarlombok.com
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto mengungkapkan dukungan kepada pendiri organisasi Nahdlatul Wathan (NW) Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional.
“Saya sebagai Ketua DPR dan Ketua Partai Golkar akan memberikan dukungan kepada TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional,” kata Setya Novanto di Mataram, Minggu (30/4/2017).
Ia menegaskan, usulan menjadikan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Syeikh Zainuddin) menjadi pahlawan nasional akan diteruskannya kepada pemerintah untuk bisa segera disetujui.
“Kami akan perjuangkan kepada pemerintah agar disetujui,” tegasnya.
Untuk diketahui TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau Tuan Guru Pancor merupakan sosok ulama pejuang dari Pancor, Lombok Timur (NTB).
Sepulang menimba ilmu dari Makkah tahun 1934, ia mendirikan Pesantren Al Mujahidin sebagai basis perjuangan.Dengan dukungan masyarakat yang semakin luas 22 Agustus 1937, ia mendirikan Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI).
Ini adalah cikal bakal Ormas Nahdlatul Wathan (NW) yang hingga kini menaungi ribuan lembaga pendidikan di sejumlah daerah di Indonesia.
Selain itu TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah salah satu penggagas dan pengembang nasionalisme religius untuk kemerdekaan bangsa Indonesia lewat organisasi modern yakni Nahdlatul Wathan pada 1934 di kampung halamannya di Pancor Lombok Timur, NTB. (ant)

LEAVE A REPLY