Kasdam IX/Udayana Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Wapres di Lombok

0

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri inspeksi pasukan TNI-Polri dan instansi yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Wapres RI beserta Istri di lapangan Eks Bandara Selaparang Mataram, Rabu (4/7).

Kabarlombok.com – MataramĀ 

Dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden RI H. M. Yusuf Kalla bersama Ibu Hj. Mufida Kalla ke Pulau Lombok besok Kamis (5/7), Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri memimpin langsung Apel gelar pasukan TNI-Polri dan instansi yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Wapres RI beserta Istri di lapangan Eks Bandara Selaparang Mataram, Rabu (4/7).

Kunjungan kerja Wakil Presiden RI bersama Istri ke Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka meninjau langsung kondisi masyarakat Desa tersebut setelah mendapat Program Pemerintah dalam bidang Kesehatan .

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., dalam sambutan yang dibacakan Kasdam IX/Udayana dihadapan peserta Apel gabungan menyampaikan apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan yang disesuaikan dengan Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku. Selain itu sambungnya, juga untuk memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang dilibatkan.

“Apel Gelar hendaknya dijadikan
sebagai sarana untuk melaksanakan
koordinasi antar unsur yang ada di
lapangan sehingga tidak terjadi
kesalahan sekecil apapun dalam
pelaksanaanya. Apabila terjadi
kesalahan atau hambatan maka segera dapat diatasi dengan baik,” kata Benny.

Dilanjutkannya, Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah bersama Polda, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal.

“Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando harus selalu dikoordinasikan sehingga tugas kita
dapat terlaksana secara efektif dan
efisien,” jelasnya.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam IX/Udayana memberikan beberapa penekanan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas yakni memahami dan menguasai Protap Pam VVIP, memegang teguh disiplin dan paham rantai Komando yang ada, tidak lengah dan peningkatan kepekaan terhadap segala kemungkinan, tidak ragu dalam bertindak dan peningkatan koordinasi secara optimal dan cermat, ikut serta laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan.

Apel gelar pasukan yang diikuti ribuan personel gabungan TNI, Polri dan Pemerintah daerah maupun instansi terkait tersebut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., Kapolda NTB yang diwakili, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Dandim 1606/Lobar dan para Kasi Korem 162/WB. (bn)

LEAVE A REPLY