Isu Pekerja Anak di Bawah Umur, Pemkab Lotim Bangun Kemitraan Dengan Sejumlah Lembaga

0

FOTO: Pjs Bupati Lotim H Ahsanul Khalik bersama sejumlah kepala OPD berpose usai berdiskusi dengan lembaga ECLT Swis, JARAK Jakarta, dan SANTAI NTB. (kabarlombok.com)

kabarlombok.com, LOTIM – Isu pekerja anak di bawah umur menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Terlebih sudah terjalinnya komunikasi dengan sejumlah lembaga baik Lokal, Nasional  bahkan Internasional yang fokus terhadap isu tersebut saat acara “Kampanye Stop Pekerja Anak di Sektor Pertanian Tembakau” di kantor bupati Lotim, Jum’at (11/5).  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim kemudian akan membangun kemitraan dalam hal itu.

“Perda yang ada (No 7 tahun 2007_Red) saya pikir akan menjadi acuan kita dalam membangun kemitraan dengan mereka,” ujar Pjs Bupati Lotim H Ahsanul Khalik, Jum’at (11/5).
Diantara mitra atau lembaga tersebut yakni, Eliminating Child Labour in Tobacco growing ( ECLT ) Foundation asal Swiss,  Jaringan Pekerja Anak ( JARAK) Jakarta dan Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI) NTB.

Dijelaskan Khalik, menilik ke UU No 13 tahun 2003, pada prinsipnya apapun alasannya pekerja anak tidak diperbolehkan.

“Namun kemudian ada ruang untuk hal itu dengan ketentuan dalam rangka misal untuk meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan, maka itu diperbolehkan,” terangnya.

Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir, seperti Kadis Pertanian, Kadisperindag Lotim juga menggambarkan sejumlah data kepada lembaga tersebut.

“Di perusahaan resmi yang ada di Lotim tidak ada pekerja di bawah umur yang kami data,” ujar Kadiseperindag Lotim, Andika Istujaya.

Dalam hal ini, Andika mengimbau adanya nota kesepahaman antara pemkab dengan pihak lembaga agar adanya suatu tindakan yang busa diambil.

Sementara itu, Direktur ECLT, David menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Pemkab Lotim dan Stakeholder lainnya. Pertemuan tersebut akan menjadi awal yang baik untuk memulai memecahkan masalah pekerja anak, terutama di sektor pertanian tembakau. (zn)

LEAVE A REPLY