HIMMAH NW Gelar Webinar Nasional, Ketua AMSI Pusat Bicara Ketahanan Informasi

0

Mataram – Pimred TIMES Indonesia Yatimul Ainun menjadi salah satu narasumber Webinar Nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan Komisariat UIN Mataram, Jumat (10/7/2020) malam.

Dalam Webinar bertajuk Produktif Menulis di Masa Pandemi itu, Yatimul Ainun menerangkan bahwa sejak masuknya digitalisasi di negara Indonesia, ada hal yang lebih berbahaya daripada Covid-19. Yakni, soal Ketahanan Invormasi Nasional.

“Di era digital saat ini Ketahanan Informasi Nasional kita sangat lemah. Ada banyak faktor, semua orang sudah bisa berkomentar, semua orang sudah bisa berkarya dan semua orang juga sudah bisa mengekspresikan apa yang di lakukannya,” katanya.

“Kondisi ini sangat berbahaya kalo kita biarkan secara terus menerus,” imbuh pria yang akrab dipanggil Gus Ainun ini.

Gus Ainun mengatakan saat ini penguasa informasi di negara kita adalah google. Ia berpendapat, siapa yang dapat memanfaatkan google dengan baik, dia akan menang. “Kita harus tau, gimana ilmunya google. Kita juga harus paham pangsa pasar tersebut,” ucapnya.

Ainun berujar, masa depan orang di era digital ini tergantung pada jejak digitalnya. Menurut dia, kalau jejak digital seseorang positif, maka tingkatkan. Akan tetapi jika jejak digital negatif maka cepatlah ubah supaya positif. “Satu berita negatif harus dilawan dengan seribu jejak positif,” tuturnya.

Ia juga memberikan semangat kepada seluruh peserta webinar untuk memperbanyak membaca, menulis dan berkarya. “Hidup adalah karya, dan karya adalah sejarah. Maka perbanyaklah karya karena karya akan melahirkan sejarah,” kata Ainun.

Sebagai informasi, selain menghadirkan Pimred TIMES Indonesia Yatimul Ainun, Webinar Nasional yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan itu juga menghadirkan Akademisi Univeritas Mataram Prof.Dr.H.Rosiadi Sayuti sebagai Keynote speaker serta Mohammad Azhar dari Harian Suara NTB sebagai narasumber. (*)

LEAVE A REPLY