Hati-Hati Buaya Di Brang Be’ Lunyuk, Warga Diminta Waspada

0

Sumbawa Besar, – Masyarakat Desa Padasuka Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa kembali dihebohkan dengan adanya penangkapan Buaya sepanjang 3 meter 20 centi di kali Brang Be’ dekat pemukiman warga.

Camat Lunyuk Kabupaten Sumbawa Abdul Haris yang dikonfirmasi media ini Via Telpon, Rabu (24/07/2019) membenarkan mengenai adanya penangkapan Buaya di Brang Be’ Desa Padasuka Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa yang dilakukan oleh masyarakat, Buaya yang panjangnya kurang lebih 3 meter 20 centi berjenis kelamin betina ini ditangkap hidup-hidup oleh masyarakat dengan menggunakan jaring dan tali.

Masyarakat memang sudah mengetahui bahwa di sungai tersebut ada Buaya sebab masyarakat sering melihat buaya-buaya tersebut muncul kepermukaan sekitar 8 (Delapan) sampai 9 (Sembilan) ekor dan masyarakat juga telah diminta untuk mengurangi kegiatan di sungai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta pemerintah sendiri melalui BKSDA juga telah memasang larangan akan bahayanya Buaya di sungai.

“Saya selaku Camat di Kecamatan Lunyuk ini sangat bersyukur masyarakat mendengar setiap himbauan yang saya sampaikan sehingga sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa baik manusia maupun ternak-ternak warga dan mudah-mudahan tidak pernah ada korban,” jelas Haris (Sapaan akrab Camat Lunyuk ini).

Buaya-buaya ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1970an dan hilang dengan sendirinya namun sekarang muncul lagi, kemungkinan kemunculan Buaya-buaya yang ada saat ini disebabkan karena habitatnya terganggu atau ada hal-hal lain yang kemungkinan besarnya demikian, terang Haris.

Buaya yang telah ditangkap oleh masyarakat, saat ini masih ada dipenangkaran yang dibuat oleh warga sambil menunggu Tim BKSDA yang datang menjemput untuk dibawa kepenangkaran yang ada di Lombok Utara.

“Saya telah berkordinasi dengan pihak BKSDA agar Buaya yang telah ditangkap oleh masyarakat Padasuka ini dapat segera dijemput untuk dibawa kepenangkaran Buaya yang lebih baik sebab bila lama dalam penangkaran milik warga takutnya Buaya tersebut mati,” Pungkas Haris (Yd)

LEAVE A REPLY