H Hamja Dicopot Jadi Ketua Fraksi

0

Kabarlombok.com – Mataram. Buntut statemen yang dilakukan H Hamja, ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi NTB terhadap penganugrahan gelar Pahlawan Nasional kepada Maulana Syekh TGKH Zainuddin Abdul Majid berbuntut panjang. H Hamja akhirnya dicopot menjadi ketua Fraksi Gerindra oleh Ketua DPD Gerindra NTB.

Pencopotan tersebut disampaikan H Ridwan Hidayat, Ketua DPD Partai Gerindra ketika dihubungi wartawan, Senin (13/11). Menurut Ridwan, alasan pencopotan H Hamja dinilai tidak loyal terhadap sikap partai dan kurang sensitivitas terhadap aspirasi masyarakat.

“Pemecatan Ketua fraksi karena tidak loyal terhadap sikap partai Gerindra. Padahal sikap partai yang disampaikan Fraksi Gerindra di sidang DPRD, memberikan dukungan penuh terhadap pemberian penganugrahan gelar pahlawan nasional terhadap Maulana syekh TGKH Zainuddin Abdul Madjid,” kata Ridwan.

Sedangkan kesalahan yang kedua H Hamja, kata Ridwan lebih lanjut dinilai tidak memiliki rasa  sensitifitas terhadap aspirasi perasaan masyarakat NTB. Padahal, Partai Gerindra, merupakan partai yang berasal dari rakyat untuk rakyat. Sehingga yang menjadi keinginan masyarakat harus disuarakan partai melalui fraksinya di dewan.

“Tapi beliau pada 9 Nopember berbicara beda dengan sikap partai yang sudah disampaikan secara formal menjadi dokumen negara. Itu dasar kita sehingga perlu dicabut,” tegasnya.

“Pemberian gelar ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat NTB. Kita berterima kasih kepada pemerintah RI yang telah memberikan gelar Pahlawan Nasional,” katanya.

Sebagai penggantinya, DPD Gerindra menunjuk Sobirin sebagai Ketua Fraksi Gerinda menggantikan H Hamja. Penunjukkan ini menurut Ridwan sudah melalui pertimbangan yang cukup matang, disamping track record Sobirin sebagai anggota dewan. Pertimbangan itu yakni memiliki loyalitas, wawasan luas dan memahami karakteristik masyarakat NTB. Serta berpengalaman sebagai legislator.

“Insya Allah mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Sobirin sebagai ketua, Fraksi Gerindra menjadi produktif memberikan kontribusi positif terhadap percepatan pembangunan untuk mewujudkan NTB beriman dan berdaya saing,” jelas Ridwan.

Untuk itu, sebagai ketua DPD Gerindra, Ridwan mengimbau kepada seluruh kader Gerindra harus tetap loyal terhadap sikap-sikap partai dan menjaga kondusifitas di Nusa Tenggara Barat. Karena salah satu prasyarat di dalam melakukan percepatan kesejahteraan di NTB harus dapat menjaga kondusifitas politik dan keamanan di NTB. (Ko)

LEAVE A REPLY