Gubernur NTB Jadi Narasumber di Kampus ITB Bandung

0

kabarlombok.com – Bandung

Inspirasi Ramadhan (IRAMA) digelar Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu acara unggulan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah.

Adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. HM. Zainul Majdi menjadi tokoh yang diundang sebagai salah seorang Narasumber dalam mengisi kegiatan tersebut (04/6).

Masjid Salman ITB dipilih panitia sebagai lokasi acara tersebut, Gubernur NTB yang lebih akrab disapa TGB itu tmembawakan materi “Melayani Rakyat dengan Berlandaskan Alquran”.

Gubernur yang didampingi Rektor ITB, Prof. Dr.Ir. Kadarsah Suryadi menyampaikan tentang beberapa tugas seorang pemimpin yang senantiasa harus dijalankan secara amanah.

Menurutnya, seorang pemimpin harus dapat merangkum dan meringkas keseluruhan apa yang ada dalam dirinya. Dimana, tugas pemimpin itu, yang pertama adalah memelihara agama dan memelihara mahluk hidup yang ada muka bumi.

Selain itu, TGB juga mengingatkan, seorang pemimpin tidak cukup hanya menggariskan kebijakan, hanya memerintah bawahan. Tetapi dia harus datang setiap saat menjangkau ujung-ujung paling jauh dari wilayah yang di amanatkan oleh Allah untuk melihat keadaan rakyat.

Dihadapan ribuan mahasiswa yang antusias menunggu tausiah dari seorang Doktor ilmu tafsir lulusan mesir dengan predikat summa cume laude tersebut, TGB juga memaparkan, kepemimpinan yang terbaik bukanlah kepemimpinan yang strukturalistik semata, tetapi juga kepemimpinan yang fungsional.

Sebab, lanjutnya, pemimpin harus dapat merangkum dan meringkas keseluruhannya, dalam islam pemimpin juga harus berkhidmat menjadi seorang pemimpin dan bukan sekedar aksesoris, bukan juga pencitraan, bukan pula hanya penyempurna pelipur lara.

LEAVE A REPLY