Gubernur NTB Berkomitmen Tuntaskan Temuan Terindikasi Korupsi

0

Mataram, – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menerima Kunjungan kerja Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) dalam rangka menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI semester I Tahun 2019, diruang kerjanya, Kamis (7/11).

Selaku Ketua rombongan, Zuhri M. Syazali mengapresiasi Kabupaten/ Kota termasuk NTB berturut-turut menyandang predikat WTP.

“Kami ingin belajar, di NTB semuanya Kabupaten/ Kota sudah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) namun masih ada temuan-temuan yang terindikasi merugikan negara dan daerah yang belum ditindaklanjuti,” terangnya.

Karena itu ia bersama rombongan bertugas menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK fokus persoalan yang terindikasi merugikan daerah dan menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat terkait korupsi pada pelayanan publik.

“Kalau diatas (Gubernur red.) sudah punya komitmen saya yakin dibawahnya yakni para Kepala OPD akan bekerja sesuai aturan,” sambungnya.

Zuhri menginginkan pertemuan itu bermakna sehingga ke depan akan menghasilkan perubahan yang konkrit untuk daerah dan negara.

Sementara itu Gubernur NTB mangatakan masih adanya catatan BPK terkait temuan indikasi kerugian negara agar BPK ikut membantu menyelesaikan persoalan tersebut.

“BPK melakukan pendampingan yang bagus, kita tidak menyebut BPK mencari-cari kesalahan, tetapi bagaimana BPK ikut membantu kami menyelesaikan persoalan keuangan dan akuntabilitas keuangan sehingga tidak menimbulkan kerugian negara,” ujarnya.
Selain membahas hasil temuan BPK, Dr. Zul juga menyampaikan sejumlah program unggulan Pemprov NTB satu diantaranya adalah program beasiswa bagi mahasiswa NTB ke luar negeri.

Menurutnya program beasiswa tersebut sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan di NTB. Ia beralasan jiwa nasionalisme bagi mahasiswa akan tinggi ketika berada di luar negeri.

“Jadi kalau mahasiswa kita di luar negeri sedang kumpul mereka menjadi satu kesatuan NKRI, selain meningkatkan mutu pendidikan juga menguatkan rasa nasionalis,” pungkas Gubernur.

Berikut daftar nama tim kunjungan kerja NTB Anggota BAP DPD-RI :

1.Zainal Arifin Anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Timur

2. Zuhri M. Syazali Anggota DPD RI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

3. Ibnu Khall Anggota DPD RI Provinsi Nusa Tenggara Barat,

4. Wilem Simarmata Anggota DPD RI Provinsi Sumatera Utara

5. Emma Yohana Anggota DPD RI Provinsi sumatera Barat.

6. Eva Susanti Anggota DPD RI Provinsi Sumatera Selatan;

7. Bambang Santoso Anggota DPD RI Provinsi Bali.

8.Ly Amelia Salurapa Anggota DPD RI Provinsi Sulawesi Selatan;

9. Andi Nirwana Anggota DPD RI Provinsi Sulaesi Tenggara;

10.Mirati Dewaningsih Anggota DPD RI Provinsi Maluku.

Didampingi para staf ahli diantaranya : Edi Karim, Nene Dedeh, Botik Anggunmega, Ina Marina.(red)

LEAVE A REPLY