Fakultas Syariah IAIH Pancor Buka Layanan Posbakum Untuk Masyarakat

0

kabarlombok.com – Lombok Timur

Wujud Pengabdian kepada masyarakat ditunjukkan oleh dosen, mahasiswa, dan alumni Fakultas Syariah IAIH (Institut Agama Islam Hamzanwadi) Pancor dalam bentuk Posbakum (Pos Bantuan Hukum) di Jalan Diponegoro, Selong.

Evi Luthfiani SHi, salah seorang staf di kantor Posbakum yang ditemui kabarlombok.com (24/5) menjelaskan, Posbakum ini adalah merupakan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum yang digagas oleh Fakuktas Syariah IAIH Pancor dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi jasa pembuatan gugatan cerai, hak waris, harta bersama, termasuk isbat nikah, dan yang lainnya.

“Kita juga memberikan pendampingan pengacara, baik untuk perkara perdata maupun pidana” ungkapnya.

Lembaga ini, kata dia, berasaskan pancasila yang dihajatkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang hukum serta dalam rangka mewujudkan keadilan tanpa membedakan latar belakang agama, suku, ataupun warna kulit.

Lembaga ini juga, lanjutnya, antara lain melibatkan mahasiswa aktif, alumni, dan dosen Fakultas Syariah IAIH Pancor dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

Selain itu, lembaga ini menyasar masyarakat yang kurang mampu dan yang terpinggirkan untuk mendapatkan keadilan.

Mengenai sinergi dan kerjasama dengan instansi terkait juga terus dilakukan, antra lain dengan pengadilan negeri, pengadilan agama, serta kejaksaan setempat dan termasuk bekerjasama dengan pengacara.

“Sejak tahun 2014 sudah bekerjasama dan memliki MOU dengan Pengadilan Agama Selong” paungkas alumni Fakultas Syariah IAIH Pancor ini.

LEAVE A REPLY