Dongkrak Pendapatan, Bappenda NTB Gelar Gebyar Pajak

0

Mataram, РPendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 terencana sebesar 1,68 triliun berkurang 85,6 milyar rupiah dari anggaran tahun 2018 sebesar 1,76 triliun rupiah lebih. Namun dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2019, penerimaan Pajak Daerah yang merupakan andalan sumber PAD kembali mengalami peningkatan misalnya penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor  (PKB) tahun 2018 sebesar 362 milyar direncanakan meningkat menjadi 403 milyar rupiah lebih, BBNKB bertambah 28,54 milyar rupiah lebih dari tahun sebelumnya, untuk PBBKB terencana bertambah 21,27 milyar rupiah lebih. Peningkatan tersebut direncanakan sesuai dengan pertumbuhan realisasi PBBKB sampai dengan triwulan ketiga tahun 2017 ke tahun 2018.

Untuk mendongkrak peningkatan tersebut, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Nusa Tenggara Barat Iswandi melakukan beberapa langkah jitu salah satunya dengan mengangkat dua puluh orang Juru Sita Pajak.

“Juru Sita Pajak ini nantinya akan bertugas melakukan penagihan paksa terhadap wajib pajak yang menunggak jika dalam waktu lebih dua tahun tidak beritikad baik menyelesaikan tagihannya,” kata Iswandi kepada kabarlombok.com Senin (19/11) di Mataram.

Pihaknya juga menstimulus masyarakat agar tidak menunda pembayaran pajak akhir tahun ini yaitu bulan November hingga Desember dengan menggelar gebyar pajak berhadiah satu buah mobil roda empat.

“Bagi masyarakat wajib pajak silahkan lakukan pembayaran jangan tunda sampai tahun depan, karena kita sediakan berbagai reward khusus bagi wajib pajak yang membayar pajak akan mendapat undian untuk memenangkan hadiah satu buah mobil dan beberapa hadiah menarik lainnya,” ajaknya.

Ia berharap momen akhir tahun yang dirangkaikan dengan HUT NTB ke-60 yang akan digelar di Kawasan KEK Mandalika tanggal 23 Desember mendatang bisa dimanfaatkan masyarakat wajib pajak untuk membayar.(ml)

LEAVE A REPLY