Ditlantas Polda NTB akan Gelar FGD terkait Potret Keselamatan Berkendara

0

Kabarlombok.com – Mataram
Dalam rangka upaya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB menegakkan aturan Lalu Lintas sebagai ikhtiar keselamatan berkendara bagi masyarakat NTB serta langkah-langkah preventif dalam mencegah terjadinya kecelakaan maupun pelanggaran di wilayah hukum NTB, Ditlantas Polda NTB akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rabu (23/5) bertempat di Rumah Langko Mataram pada jam 15.30 hingga Selesai, dengan mengusung tema “Potret Keselamatan berlalu lintas selama Ramadhan” di NTB.

“kita akan mencoba mengupas potret lalu lintas selama Ramadhan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jelas AKBP Dessy Ismail, S.IK. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (22/5).

Dikatakan, maksud dan Tujuan dilaksanakan FGD ini adalah :
a. Memberikan gambaran umum tentang lalu lintas di NTB.
b. Memberikan gambaran umum tentang potensi arus lalu lintas di bulan Ramadhan.
c. Memberikan gambaran umum tentang tugas dan upaya Direktorat Lalu Lintas
dan jajarannya dalam mengawal aturan keselamatan berkendaraan.
d. Memberikan rekomendasi kepada stakeholders (para pemangku kebijakan) agar memberikan kebijakan yang tepat selama bulan ramadhan.

KBP Arman Achdiat, S.IK, M.Si. Direktur Lalu Lintas Polda NTB selaku pembicara
akan menyampaikan gambaran umum Lalu Lintas di NTB berdasarkan data di setiap kegiatan Operasi sepanjang tahun 2016 dan 2017.

Sedangkan Dr. H. Sudiarto, SH, MH. sebagai Akademisi Unram akan memaparkan gambaran umum terkait fenomenan lalu lintas di NTB melalui kacamata akademisi. Termasuk menyoroti fenomena angkutan daring dan potensi terjadinya kecelakaan atas penggunaan kendaraan yang tidak sesuai aturan.

Sementara itu TGH Muharrar Iqbal, MA. Mewakili Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan
(FLLAJ)  akan memberikan berbagai gambaran umum terkait kondisi lalu lintas
angkutan jalan yang memang mendominasi serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan upaya dalam menjaga keselamatan berkendara pengguna jalan.

Organda NTB diwakili Antonius Zaremba,SH, akan menyampaikan informasi umum mengenai kondisi angkutan umum, khususnya angkutan yang digunakan saat bulan Ramadhan dan menggambarkan kendala yang dihadapi.

Dan sebagai Moderator, Zulkipli,SE,MM. dari  Masyarakat Peduli Keselamatan Berkendaraan
(MPKB) NTB.

Dessy Ismail berharap kegiatan FGD ini bisa memberi manfaat, lebih lebih dibulan ramadan ini kata dia akan tercatat sebagai amal ibadah yang nilainya berlipat ganda. (bn)

LEAVE A REPLY