China Turut Kecam Aksi Teror Klub Malam Istanbul

0

BEIJING – Pemerintah China turut mengecam serangan teror yang melanda kota Istanbul, Turki, semalam. Beijing menegaskan menentang segala macam bentuk terorisme, dan siap untuk bekerjasama memberangus terorisme.

“China dengan tegas menentang segala bentuk terorisme dan bersedia bekerja dengan Turki dan masyarakat internasional untuk memelihara perdamaian dan keamanan regional dan dunia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

“Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah mengirimkan pesan belasungkawa kepada rekannya di Turki, Mevlut Cavusoglu,” sambungnya, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir chinadaily pada Minggu (1/1).

Presiden Turki, Tayyip Erdogan sebelumnya menegaskan, aksi teror di sebuah klub malam di Istanbul tidak akan membuat tekad Turki untuk memberangus teroris goyah. Justri dia menyebut, aksi teror ini akan membuat tekad Turki semakin tebal.

“Mereka mencoba untuk membuat kekacauan, merusak moral orang-orang kami, dan menggoyahkan negara kita dengan serangan keji yang menargetkan warga sipil. Kami akan mempertahankan sikap kami sebagai bangsa, berdiri lebih dekat bersama-sama, dan kami tidak akan pernah memberikan kesempatan bagi kelompok teror,” kata Erdogan.

Otoritas keamanan Turki sendiri dilaporkan telah meluncurkan perburuan besar-besaran terhadap pelaku aksi teror di Istanbul. Seorang saksi mengatakan pelaku menggunakan kostum Santa Claus saat melakukan aksinya

(esn)

LEAVE A REPLY