Bupati Ali Kukuhkan Pengeraksa Kepaeran Khusus Sembalun

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Bupati Lombok Timur mengukuhkan Pengeraksa Kepaeran Khusus Sembalun, Kamis (14/9) di Bale Beleq Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun untuk selanjutnya Pengeraksa ini akan mengurus soal tata krama adat masyarakat Sembalun.

Bupati Ali BD yang didampingi isteri Hj. Supinah Ali Bin Dachlan dan sejumlah pejabat OPD lingkup Pemda Lombok Timur mengatakan bahwa adat istiadat Suku Sasak menurut para ahli merupakan buah dari ajaran Islam. Sehingga, penerapan adat istiadat dengan baik sama artinya dengan menjalankan ajaran agama Islam.

Karena itulah Bupati menyambut baik hajatan para pemangku adat masyarakat dan masyarakat Sembalun yang ingin menyatukan diri dalam pengaturan adat istiadat.

Dengan adanya semangat kebersamaan para pemangku adat untuk memulai membangun Paer Sembalun dengan adat istiadat yang diwariskan nenek moyang. Diharapkan kemajuan Sembalun tidak terkontaminasi prilaku-prilaku di luar nilai-nilai adat yang dipengaruhi agama Islam.

Bupati kembali menegaskan bahwa Suku Sasak merupakan suku yang hebat dan sangat special. Bagaimana tidak, adat istiadat dan bahasa orang Sasak sangat beragam.

“Tidak ada suku di daerah manapun yang memiliki keberagaman adat seperti halnya Suku Sasak. Namun, keberagaman itu tidak lantas menjadikan orang Sasak saling berbantah-bantahan. Hal ini membuktikan bahwa ada perekat di dalam keberagaman tersebut yakni ajaran Islam yang mengakar kuat dalam adat istiadat orang Sasak” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, dengan telah dikukuhkannya Pengeraksa Kepaeran Khusus Sembalun ini, para pemangku adat yang sudah sepakat menyatukan diri agar segera duduk bersama membahas tata krama yang akan dijalankan secara bersama-sama, termasuk juga persoalan tanah ulayat.

Selanjutnya, Bupati Ali akan segera mengeluarkan surat keputusan terkait masyarakat adat Sembalun ini.

LEAVE A REPLY