Bupati Ali Gelar Silaturahmi Bersama Wartawan Lotim

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Bupati Lombok Timur Dr. H Moh. Ali bin Dachlan menggelar silaturahmi bersama seluruh insan pers yang bertugas melakukan peliputan di Gumi bermottokan Patuh Karya, Sabtu siang (10/6) di aula Pendopo I.

Dalam sambutannya dihadapan puluhan wartawan media cetak, elektronik, dan televisi, Bupati Ali menyebutkan bahwa profesi sebagai wartawan adalah profesi yang istimewa sebab tugas seorang wartawan ialah menyebarkan sebuah berita tentang fakta kepada masyarakat.

Wartawan, lanjutnya, adalah simbol kebebasan suatu negara dan negara yang maju adalah negara yang membutuhkan kebebasan, sedang kebebasan adalah merupakan sebuah kebutuhan.

“Tak ada kemajuan tanpa kebebasan, dengan catatan kebebabsan tersebut adalah kebebasan yang terkontrol maka itulah kebebasan yang berhasil” kata Bupati berjuluk sang pendobrak ini.

Ia juga menyebut, profesi wartawan, presiden, menteri, serta pejabat lainnya adalah merupakan bagian dari sebuah peradaban suatu negara, namun seorang wartawan haruslah berpegang dan mengedepankan kaidah-kaidah jurnalistik yang menjadi tolak ukur penulisan sebuah berita.

“Prinsipnya tidak boleh memberitakan sepihak, sehingga ada istilah tabayyun atau konfirmasi dan menjadi berita yang berimbang” lanjutnya.

Selain itu, ia meminta agar wartawan senantiasa menyajikan berita-berita yang mengandung fakta dan kebenaran.

“sebab dasar-dasar kebenaran tersebut sama sekali tidak boleh dirubah, karena kalau sudah dirubah jadilah koran itu koran fitnah” pungkasnya.

LEAVE A REPLY