Bencana Nasional atau Tidak, Baiq Diyah Minta Pemerintah Daerah Tegas

0

BDRG saat meninjau langsung korban gempa disalah satu tempat pengungsian.

Kabarlombok.com – Mataram

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan, dampak dari gempa 7 SR sampai hari ini Jumat (10/8) berdasarkan data sementara tercatat 391 korban jiwa meninggal, ribuan korban luka-luka serta hampir puluhan ribu rumah hancur. Dengan jumlah korban dan catatan dampak dari gempa tersebut, gempa Lombok seharusnya layak dinaikkan menjadi Bencana Nasional. Demikian dikatakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Baiq Diyah Ratu Ganefi di Mataram, Jumat (10/8).

Ia meminta Pemerintah daerah baik provinsi maupun kota/ kabupaten terdampak gempa sebaiknya mengintrospeksi kondisi pasca gempa saat ini. Jika mampu mengatasi permasalahan dampak gempa Lombok, maka sejatinya segala sektor harus terkafer dengan baik. Namun sebaliknya, jika Pemerintah sudah menyerah dengan kondisi saat ini, maka koordinasi harus segera dilakukan untuk pendataan akurat.

“Jika sudah tidak bisa diatasi, pemerintah daerah harus berkoordinasi dengan BNPB agar menjadi perhatian pemerintah pusat untuk menaikkan status gempa ini menjadi bencana nasional, seperti hancur nya sandang pangan papan, belum lagi pemberian trauma healing dan banyak sekali yang menjadi perhatian,” katanya.

Selaku perwakilan daerah ia justru meminta agar pemerintah daerah segera memberikan ketegasan, terkait kemampuan dalam penanganan tanggap darurat bencana Lombok. Karena mengangkat kondisi menjadi bencana nasional dikatakan Baiq Diyah membutuhkan birokrasi yang panjang. Menurutnya dalam keadaan darurat ditengah keresahan jutaan jiwa penduduk, NTB tidak boleh memperpanjang birokrasi penanganan tanggap darurat.

Selain senator yang selalu dirindukan masyarakat ini, sejumlah Kepala Daerah dan Legislator juga berharap agar status gempa Lombok ditingkatkan menjadi Bencana Nasional. Hal ini beralasan mengingat jumlah korban yang besar dan bahkan bencana ini melumpuhkan sektor – sektor pembangunan daerah yang dikhawatirkan kedepan akan banyak terjadi kerawanan jika tidak diatasi segera. (bn)

LEAVE A REPLY