Bangun Sinergi dengan Dewan Kota, Komunitas IT NTB Gelar KADE Batch I

0

Kabarlombok.com – Mataram

DPRD Kota Mataram memfasilitasi kegiatan Kotlin Android Developer Expepert (KADE) Batch I. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dan komunitas IT. Diharapkan sinergi ini menjadi langkah awal untuk kerjasama yang berkesinambungan dalam mempersiapkan para generasi yang dapat bersaing di era Industri 4.0, terutama di industri IT.

Kegiatan ini adalah salah satu event resmi Google bekerjasama dengan Dicoding dan perusahan lainnya, bertujuan untuk mengasah kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile android menggunakan bahasa pemprograman Kotlin dan Mobile Web Specialist sesuai dengan standar Google dan Industri terkini. Selain itu juga merupakan salah satu cara mencetak 2000 developer android dan web yang siap digunakan di dunia kerja.

“Lombok terpilih menjadi salah satu lokasi digelar KADE, kebanggaan bagi komunitas IT yang mulai berkembang dilirik oleh Google untuk bekerjasama,” ujar Darmawan, ketua panitia event KADE batch I.

Selain itu, kegiatan ini juga digelar di 10 kabupaten/kota besar lainnya, diantaranya Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Batam, Denpasar, Manado, dan Makassar.

“Kegiatan Batch pertama untuk Lombok ditutup hari ini (Ahad red.), selanjutnya akan ada kegiatan batch kedua. Kami berharap event berikutnya akan lebih besar lagi,” lanjutnya.

Para peserta berasal dari beberapa komunitas IT NTB seperti BEDA{IT}, Developert Student Club (DSC), LombokDev, Lombok Phyton dan Andorid Lombok.

Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi mengatakan ketertarikannya dengan materi terkait dunia startup dan penguatan ekonominya. Keduanya bisa berjalan beriringan. Materi tersebut untuk memberikan gambaran kepada para peserta yang masih banyak berstatus mahasiswa untuk mulai berbenah atau bersiap menghadapi dunia industri diera perkembangan digital.

“Ini langkah awal kita bersama semua element masyarakat menyambut industri 4.0” tegas Didi, Ahad (7/10).

Didi mengaku bangga dengan anak-anak muda NTB, khususnya anak-anak muda yang mau meluangkan waktunya untuk membantu pemerintah mempersiapkan menghadapi tantangan masa depan. Saat ini kata Dia diperlukan satu rencana aksi nyata untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Dilanjutkannya, kegiatan-kegiatan seperti penguatan SDM merupakan langkah penting agar nantinya mereka siap untuk bersaing didunia industri. Kedepan DPRD Kota Mataram akan berkolaborasi secara aktif dengan komunitas untuk melaksanakan kegiatan yang bertujuan mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi terutama terkait ekonomi dan pengangguran di NTB.

Materi yang disampaikan oleh Eka Co-Founder pesansayur.id, IKA Founder Fast Courier, dan Lalu Erfandi Co-Founder Lumbung Inovasi terkait dengan Startup. Eka memberikan materi terkait cara memulai membangun satu bisnis rintisan (startup). Sementara Ika memberikan materi terkait pentingnya kolaborasi antara Pembisnis dengan pengembang aplikasi, dan Erfandi memaparkan cara mempersiapkan diri untuk bersaing di industry IT.

“Apakah kita hanya tetap sebagai penonton dan pekerja ataukah kita sebagai pelakon dan pemilik,” tutup Lalu Erfandi sembari memberi arahan bagaimana bersaing di era IT ini. (ct)

LEAVE A REPLY