Bagaimana Bisa Merdeka Belajar Jika Kepala Sekolah Belum Merdeka

0

Tanjung, – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam arahannya pada kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, SMK, dan SLB Negeri sewilayah Pulau Lombok berharap dihasilkan rumusan program-program pendidikan yang selaras dengan program merdeka belajar.

Menurutnya, para Kepala Sekolah harus mulai memiliki wawasan kekinian, berani membangun inovasi dan kreativitasnya. Dan yang utama, para Kepala Sekolah juga harus lebih dulu mengimplementasikan bekerja dengan merdeka tanpa tekanan, termasuk tekanan politis.

“Jangan kerja karena takut atau berharap pujian dari Kabid atau Kadis, karena Kabid dan Kadis bisa diganti, dimutasi. Bagaimana bisa memperjuangkan Merdeka Belajar kalau kepala sekolah belum (merasa) merdeka. Bekerja dan mengaharapkan ridho Allah saja, itu sederhana tapi benar-benar merdeka,” katanya di Tanjung, Sabtu (14/3).

Dalam pertemuan itu Gubernur Zul ingin meyakinkan bahwa pemerintahannya menempatkan seseorang dalam jabatan tertentu termasuk Kepala Sekolah berdasarkan prestasi dan capaian kinerja, bukan berdasar afiliasi politik dan pengaruh tekanan-tekanan.

Menurutnya, Lombok Wildlife Park yang dijadikan lokasi pertemuan juga sekaligus memberi pesan bahwa Kepala Sekolah harus benar-benar merdeka dalam bekerja.

Mereka bisa merumuskan ide dan gagasan pembangunan pendidikan, sambil berwisata.

“Jangan sampai kita (berusaha) membahagiakan wisatawan saja, sementara para Kepala Sekolah nggak pernah berlibur. Nggak ada ceritanya mendidik orang bahagia, kalau kita sendiri nggak bahagia. Nggak mungkin kita mencapai merdeka belajar, tanpa kepala sekolah yang merdeka,” katanya.

Gubernur Zul juga menyarankan agar kegiatan serupa juga digelar di kawasan wisata lainnya ke depan. Misalnya saja di Resort Selong Selo di Lombok Tengah.

Resort di ketinggian ini memanjakan mata untuk memandang keindahan pantai di selatan Lombok, anggunnya Rinjani dan Gunung Agung di Bali sekaligus.

“Bukan karena kita inginkan kemewahan. Tapi agar Kepala Sekolah tahu ada puncak bukit dimana bisa lihat Rinjani dan Gunung Agung, indah sekali merdeka betul rasanya. Supaya Kepala Sekolah ini juga sadar bahwa kita benar-benar ketinggalan jauh, dan berusaha bergegas mengejar. Seperti juga di sini (Lombok Wildlife Park), di saat para Kepala Sekolah kita berpikir yang rumit dan ribet, orang barat (wisatawan) malah berteriak senang sambil mandikan Gajah. Jadi, freedom itu penting,” tukasnya. (*)

LEAVE A REPLY