APIP dituntut Paham Aturan Terkait Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Bupati Lombok Timur yang diwakili  Assiten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur,  membuka  Acara  Workshop Konsolidasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Bagi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi NTB, Kamis (7/9) bertempat  di Rupatama I lantai II Kantor  Bupati  Lombok  Timur.

Bupati Lombok  Timur dalam sambutannya yang disampaikan  Assisten II bidang Ekonomi  Pembangunan  dan Kesra Sekretaris Daerah  kabupaten Lombok  Timur,  Drs. H.  Sahabuddin, MM menyampaikan keterlibatan APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) dalam proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah dinilai sangat penting karena mampu mendeteksi dan memberikan koreksi terhadap penyimpangan pengadaan sejak  awal,  untuk  itulah APIP  dituntut agar memahami peraturan  terkait pengadaan barang dan jasa Pemerintah.

“Untuk menjalankan pengawasan tersebut,  APIP dituntut untuk profesional dalam melaksanakan tugasnya serta dibarengi dengan kompetensi dan pengetahuan yang memadai tentang pengadaan  barang/jasa pemerintah” sebutnya.

APIP dikatakan efektif lanjutnya, apabila mampu menunjukkan peran sebagaimana yang tertuang dalam peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun  2008 tentang  sistem pengendalian intern Pemerintah, yakni memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan  intansi Pemerintah.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini saya berharap pada peserta agar dapat mengikuti workshop dengan baik sebagai tambahan bekal pemahaman untuk menjalankan  tugas di tempat masing-masing” ungkapnya.

Sementara itu Sambutan dari  lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pusat (LKPP), yang disampaikan oleh  Kepala  Bagian Keuangan LKPP Jhon Piter Halomoan mengatakan definisi pengadaan barang adalah  kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh  Kementerian/Lembaga/Satuan  Kerja perangkat Daerah/institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan memperoleh barang/jasa.

kegiatan ini diadakan 2 hari dari tanggal 7 sampai dengan tanggal 8 september 2017, yang diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari 34 peserta dari APIP Lombok Timur dan 16 orang dari Perwakilan APIP Kabupaten/Kota se NTB yang diwakili oleh 2 orang peserta masing2 Kabupaten/Kota.

LEAVE A REPLY