Apel Besar Pengamanan Pilkades Serentak Lombok Timur 2018

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Senin (11/9) bertempat di halaman kantor Bupati Lombok Timur, dilaksanakan Apel Besar dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak di wilayah Kabupaten Lombok Timur, dihadiri Forkopimda Kabupaten Lombok Timur, Kepala Bakesbangpoldagri Lotim, Kepala Dinas PMD Lotim, Camat dan Kepala Desa SeKabupaten Lombok Timur dan peserta Apel dari masing-masing instansi terkait.

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin selaku Pembina apel menyampaikn, bahwa Kegiatan ini adalah merupakan momentum untuk menggali dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang sudah menjadi tradisi dan budaya yang diaplikasikan dalam bentuk pengamanan swakarsa atau yang dikenal dengan nama siskamling “ronda kampung” yang saat ini pembinaannya langsung dilakukan oleh Kepolisian sehingga kedepan pelaksanaannya dapat lebih efektif, terkoordinir dan bersinergi dengan aparatur keamanan dan pemerintah daerah.

“Polri mempunyai tanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan tugas serta melakukan pembinaan teknis terhadap kemampuan mereka,” kata Warisin.

Terkait situasi dan kondisi Kabupaten Lombok Timur yang sebentar lagi akan melaksanakan pilkades serentak pada tanggal 13 Desember 2017, pemerintah dan stakeholder lanjut Warisin, senantiasa diharapkan agar situasi keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat dilandasi kesadaran dan kemauan melaksanakan pengamanan swakarsa.

Dalam apel kaposkamling ini ada beberapa penekanan yaitu :
1. Meningkatkan solidaritas 4 pilar ditingkat desa dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi dilingkungannya.
2. Tingkatkan pelaksanaan pengamanan secara swakarsa yang disertai semangat untuk silaturahmi dan bergotong royong mencegah gangguan kamtibmas dilingkungan masing masing.
3. melaksanakan siskamling dengan penuh rasa tanggung jawab.
4. Mengaktifkan peranan forum komunikasi polisi dan masyarakat ( FKPM ) dalam mencari solusi permasalahan yang terjadi.
5. Menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan tugas dan kuasai teknik pemukulan kentongan yang merupakan senjata utama pada poskamling guna memberi peringatan dan permintaan bantuan dari warga lainnya ketika menghadapi ancaman.
6. Meningkatkan koordinasi dan meminta bantuan bimbingan teknis kepada POLRI guna mencari solusi dan cara bertindak dalam pelaksanaan siskamling.

Dan akhir dari sambutannya, Wakil Bupati Lombok Timur menekankan agar senantiasa menjalin kerjasama antara aparatur pemerintah di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten dengan masyarakat untuk menciptakan situasi kondisi yang kondusif dalam rangka mensukseskan kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Lombok Timur.

LEAVE A REPLY